Rakerda LPTQ Awali STQ Tingkat DIY Ke XXIV

  • 28 April 2017 13:02:59
  • 1244 views

Rangkaian Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Ke XXIV Tingkat DIY yang dilaksananakan di Kulon Progo, diawali dengan Rakerda (Rapat Kerja Daerah) LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran).

Raperda LPTQ dibuka oleh Gubernur DIY yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial Budaya Drs.Bayu Haryono,MSi. Bertempat di Gedung Kaca Pemkab Kulon Progo, Kamis (27/4/2017). Dihadiri perwakilan Pemkab/ Pemkot se-DIY, Ka. Kantor Kemenag Kabupaten /Kota se-DIY, Ketua LPTQ kabupaten/ kota se-DIY, Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota se-DIY,Instansi terkait, pengurus LPTQ DIY, Utusan LPTQ Kabupaten/Kota se-DIY, Utusan LPTQ Kecamatan.

Laporan Panitia Pelaksana LPTQ disampaikan oleh H.Sujono,S.Ag, dilanjutkan Ucapan selamat datang dari Pj. Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab Kulon Progo Arif Sudarmanto,SH.,dan dilanjutkan pembukaan Rakerda oleh Gubernur DIY yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial Budaya Drs.Bayu Haryono,MSi.

H.Sujono,S.Ag menyampaikan, peserta sebanyak 100 peserta dari seluruh Kabupaten/ Kota se-DIY. Kegiatan Rakerda LPTQ Tingkat DIY ini berlangsung selama satu hari di Kabupaten Kulon Progo, membahas tentang upaya peningkatan kualitas kafilah DIY untuk MTQ/ STQ Tingkat Nasional dan pembuatan rekomendasi.

Penjabat Bupati Kulon Progo dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab Kulon Progo Arif Sudarmanto,SH. menyampaikan pelaksanaan STQ dinilai sangat penting, karena tidak hanya untuk menyiapkan bibit-bibit unggul dalam ajang kompetisi MTQ Tingkat Nasional, tetapi merupakan momentum yang baik untuk syiar Islam dalam upaya mendekatkan dan mendidik para kader serta memberi makna positif dalam segala sendi kehidupan masyarakat ke arah kehidupan yang mulia.

"Hal ini tentunya sejalan dengan tema STQ pada tahun 2017 ini, yaitu: Dengan STQ kita tingkatkan kecintaan pada Al-Quran, menuju kehidupan masyarakat yang lebih mulia" kata Arif Sudarmanto,SH.

Disampaikan sebagai tuan rumah merasa bangga karena kegiatan ini dapat berguna memotivasi masyarakat khususnya umat islam untuk selalu mencintai dan memahami isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya STQ ini, diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi tapi juga menumbuhkan sikap menghormati dan menghargai orang lain, berbudi pekerti luhur, dan menciptakan hubungan yang harmonis diantara sesama umat.

"Dengan adanya STQ di Kabupaten Kulon Progo ini diharapkan juga dapat membawa generasi muda Islam khususnya untuk selalu berpikir positif, kreatif, inovatif dan penuh semangat dalam menatap masa depan yang lebih baik. Hal ini dipandang sangat penting, supaya generasi muda kita tidak mudah terombang-ambing oleh pengaruh-pengaruh negatif yang saat ini cenderung muncul di tengah kehidupan kita" kata Pj Bupati Kulon Progo yang dibacakan Arif Sudarmanto,SH.

Dalam Sambutannya Gubernur DIY yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial Budaya Drs.Bayu Haryono,MSi. Menyampaikan, LPTQ DIY diharapkan dapat memberikan manfaat yang berarti dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya di DIY pada khususnya dan di Indonesia pada Umumnya.

"Dengan demikian segala sesuatu yang telah dicapai selama ini diharapkan dapat seirama dengan derap pembangunan nasional dan perkembangan masyarakat yang semakin cepat dan dinamis" Kata sambutan Gubernur DIY yang dibacakan Bayu Haryono.

Dalam perjalanannya, LPTQ mempunyai banyak pengalaman yang penting dan selayaknya kita renungkan kita kaji ulang. Melalui Rakerda LPTQ ini dapat dipilih yang terbaik dan bermanfaat untuk dipertahankan demi kemajuan dan perkembangan LPTQ di masa-masa yang akan datang.

Atas nama Pemerintah Daerah DIY, Gubernur DIY menyambut baik dan memberikan apresiasi positif penyelenggaraan pada LPTQ yang dilaksanakan di Kota Wates Kabupaten Kulon Progo.

Rakerda menjadi sangat penting dilaksanakan dalam setiap organisasi. Melalui rakerda dapat menjadi salah satu sarana menggagas program kerja yang aplikatif, yang dapat diimplementasikan sebagai aksi nyata yang bermanfaat di DIY.

Hal lain Yang tidak kalah pentingnya dalam Rakerda LPTQ ini, diharapkan dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang bernilai strategis, spesifik, penting dan mendasar bagi peran dan fungsi LPTQ.
(at@humaskp)