Peringatn Hari Kartini Tingkat Kabupaten Kulon Progo

  • 25 April 2017 11:22:11
  • 1144 views

Pada peringatan hari kelahiran RA Kartini yang diselenggarakan di Gedung Kaca, Jumat (21/4/2017) Penjabat Bupati Kulon Progo Ir.Budi Antono,MSi mengajak semua pihak untuk mengetahui dan memahami akan makna perjuangan kepahlawanannya.
Disampaikan, dalam rangka menghormati dan menghargai jasa pahlawan bukan hanya seremonial saja, akan tetapi selayaknya untuk direfleksikan dalam kegiatan aktual yang selaras dengan cita-cita perjuangan Ibu RA Kartini, yaitu mencerdaskan bangsa agar sejahtera nantinya dapat berguna dalam membantu sesama.
Akan tetapi, meskipun dalam kesamaan derajat perempuan dan laki-laki, tentunya jangan sampai kebablasan, sebab masing-masing secara kodrati mempunyai peranan yang berbeda. Sebagai seorang wanita tentu tidak bias meninggalkan kodratnya sebagai perempuan.
"Dalam kesehariannya, saat ini kian tampak bahwa dalam mendudukkan dirinya sebagai sesama pejuang bangsa, perempuan telah dapat menempatkan diri sebagai pejuang yang tidak ingin dikatakan nomor dua terhadap kaum laki-laki, baik pejuang dalam rumah tangga, dunia kerja maupun dalam masyarakat" kata Budi Antono.
Disampaikan juga, kepeloporan Raden Ajeng Kartini wajib kita tiru dan diamalkan, yaitu semangat untuk keluar dari ketertindasan, semangat untuk memperjuangkan sesamanya, semangat untuk maju dan berkembang, serta semangat pantang menyerah pada keadaan. Semangat itu juga memperlihatkan
betapa hak azasi manusia Indonesia sangat diperhatikan. Terlebih hak wanita dalam menempatkan diri ikut serta membangun nusa dan bangsa Indonesia.
"Itulah semangat-semangat dari RA Kartini yang patut diteladani. Semangat bergelora untuk membangun bangsa. Semangat dalam kita menghadapi masalah. Semangat untuk pantang menyerah terhadap keadaan" tandas Budi Antono.
Perempuan Indonesia, bahkan perempuan Kulon Progo semestinya berbangga karena wanita sekarang ini sudah mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki. Ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia khususnya kaum wanita benar-benar telah menyadari betapa pentingnya peranan dan kemampuan wanita dalam menegakkan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.
"Mudah-mudahan setiap hari, setiap masa, perempuan Indonesia tetap berjuang dan tetap bercitra, sebagai bangsa yang harum namanya" harapan Budi Antono.
Pada upacara peringatan hari kelahiran RA Kartini yang diselenggarakan Pemkab Kulon Progo pada tanggal 21 April 2017 ini, upacara peringatan yang biasanya dilaksanakan di Halaman Pemkab Kulon Progo, karena hujan maka upacara dilaksanakan di Aula Adikarto Gedung Kaca. Adapun peserta upacara
selain diikuti Forkopimda, juga dihadiri Kepala SKPD, TNI, Polri, ASN, Organisasi Wanita se Kabupaten Kulon Progo, Mahasiswa, Siswa SLTA dan beberapa unsur lain.
Ny.Eko Wisnu Wardhana juga berkesempatan membacakan Riwayat singkat dan perjuangan RA Kartini. Dengan harapan, melalui peringatan ini dapat mengambil api perjuangan dan meneruskan semangat dan memajukan kaum Wanita Indonesia. (at@humaskp)