MAS Kominfo DIY dan Wartawan Kunjungi Kulon Progo

  • 18 April 2017 15:00:48
  • 1422 views

WATES, Dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi pelayanan publik
di bidang informasi, Dinas Kominfo DIY bersama Forum Wartawan Unit Kepatihan Yogyakarta, melaksanakan kegiatan *Pers Tour* ke Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan *Pers Tour *ini akan mengunjungi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Manengah (UMKM), sektor Wisata dan Budaya, dengan maksud membantu promosi atau publikasi serta untuk menguatkan jaringan komunikasi dan kemitraan khususnya di bidang Pers.

Secara rinci kunjungan rombongan yang terdiri dari 30 orang tersebut yaitu : 1). UKM Stick Growol, di Karangwuluh, Temon, 2). UKM pembuatan Genteng, di Tlogolelo, Hargomulyo, Kokap, 3). UKM pembuatan Cetak Sablon Kaos Sugriwo-Subali, di Jatimulyo, Girimulyo, 4). Lokasi Krawitan dalam rangka pelestarian Desa Budaya di Gendum Jatimulyo, Girimulyo, 5). Waduk Mini Kleco dengan unggulan Lintasan Of Road Jeep dan Motor Tril di Dusun Ngesong, Giripurwo, Girimulyo.

Selain itu, *Pers Tour *dilanjutkan ke Lokasi Kuliner Njarjo Resto, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo sambil istirahat makan siang.

Menurut Kasi Publikasi Dokumetasi dan Media Massa Dinas Kominfo DIY, Dra. EC Sukarmi, MM, selaku pimpinan rombongan, bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk ikut berperan aktif dalam upaya mempromosikan atau mempublikasikan potensi-potensi di Kabupaten Kulon Progo.

"Kami siap membantu publikasi atau *ekspose *potensi-potensi di Kabupaten Kulon Progo, karena wartawan media cetak dan elektronik yang biasa mangkal di Kepatihan Pemda Provinsi DIY, ikut serta bersama kami." Terang Sukarmi.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo, Ir. Budi Antono, M.Si, yang menerima rombongan di Ruang Menoreh, mengatakan, kunjungan ini dinilai sangat tepat karena Kulon Progo saat ini sedang melaksanakan berbagai program pembangunan baik itu di Lokasi Wisata maupun di tempat-tempat potensial lainnya.

Pj. Bupati lebih lanjut menjelaskan bahwa Kulon Progo saat ini sedang mempersiapkan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta yang baru di Temon Kulon Progo. "Bandara baru masih dalam proses *land cleraning* dan akan dibangun di 56 Desa, serta di sekitar Bandara akan berdiri sentra-sentra bisnis pada area seluas 87 hektar." Jelas Budi Antono.

"Belum lama ini, kami juga baru melakukan peletakan batu pertama untuk lahan relokasi bagi warga terdampak pembangunan Bandara." Tambah Pj. Bupati

Disamping itu, Pj. Bupati di hadapan rombongan juga menyampaikan, bahwa Kulon Progo akan membangun jalan Bedah Menoreh. "Program Bedah menoreh ini akan sinkron dengan program Pemerintah Pusat yaitu kawasan strategis Borobudur. Hal ini sesuai dengan rencana Presiden Jokowi akan mengembangkan 10 Destinasi Wisata di Indonesia, salah satu diantaranya Candi Borobudur. Dengan adanya pembangunan Bedah Menoreh tentunya berharap bisa menjadi
"Penyangga Borobudur", yang merupakan kawasan segitiga emas dari 3 Kabupaten, atau yang diistilahkan dengan Santri Bener (Salaman, Tritis, dan Bener)." Ujar Budi Antono
Pada kesempatan ini, Pj. Bupati juga menyampaikan tentang keberhasilan Kulon Progo dalam melaksanakan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017, karena Tingkat Partisipasi Pemilih di Kulon Progo meningkat 10 persen, menjadi 79 persen. Hal ini sudah di atas rata-rata Tingkat Partisipasi Pemilih di tingkat Nasional, yaitu sebesar 77 persen.

Usai melakukan pertemuan dengan Pj. Bupati Kulon Progo, Rombongan kemudian melanjutkan tinjauan ke Lapangan. (Humas KP)