Strategi Partisipasi Peran Pria Dalam Mempengaruhi Fasektomi

  • 27 Agustus 2015 12:50:29
  • 1260 views

A. Partisipasi Pria
1. Pengertian
Partisipasi pria adalah tanggung jawab pria dalam keterlibatan dan kesertaan ber KB dan Kesehatan Reproduksi, serta prilaku seksual yang sehat dan aman bagi dirinya, pasangannya dan keluarganya (BKKBN, 2009).
Bentuk nyata dari partisipasi pria tersebut adalah: sebagai peserta KB, mendukung dan memutuskan bersama istri dalam penggunaan kontrasepsi, sebagai motivator KB merencanakan jumlah anak dalam keluarganya (BKKBN, 2009).
2. Kebijakan Operasional
Berdasarkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai serta strategi untuk mencapainya maka ditetapkan kebijakan operasional sebagai berikut (BKKBN, 2004):
a. Peningkatan dukungan baik secara politis, sosial, budaya kepada keluarga yang lebih mengutamakan pendekatan atau kegiatan advokasi, promosi dan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) secara intensif kepada para pengambil keputusan, tokoh masyarakat (TOMA) / tokoh agama (TOGA) dan sasaran antara yang strategis lainnya, termasuk seluruh anggota keluarga.
b. Promosi dan konseling untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para pria melalui peningkatan intensitas dan kualitas kegiatan promosi dan konseling KB dan kesehatan reproduksi dengan penekanan / tema sentral "Pria bertanggung jawab".
c. Promosi dan konseling untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masalah kesetaraan dan keadilan gender.
d. Peningkatan kualitas pelayanan dan aksesbilitas pelayanan kesehatan bagi pria untuk meningkatkan kesertaan dan peran serta pria dalam KB dan kesehatan reproduksi, terutama dalam pemeliharaan kesehatan dan kelangsungan hidup ibu dan anak...

Selengkapnya>>