Malam Penutupan Hari Jadi Dalang Cilik Ki Anom Hilmi Tampil Memukau

  • 23 Oktober 2016 01:06:05
  • 2286 views

WATES. Sekda Kabupaten Kulon Progo Ir.RM.Astungkoro,MHum mengapresiasi dan bangga dalang cilik asli Kulon Progo Ki Anom Hilmi Maulana Adi yang meskipun usianya masih sangat muda, namun mampu menampilkan bakat seni pedalangan dengan bagus.

Ki Anom Hilmi memang tampil memukau saat menjadi dalang dengan mengambil lakon Jabang Tetuko pada malam penutupan peringatan HUT ke 65 Kabupaten Kulon Progo yang diselenggarakan di Halaman Pemkab Kulon Progo Sabtu malam Minggu (22/10).

Disaksikan Sekda yang mewakili Penjabat Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, anggota Forkopimda, Kepala SKPD, para penerima hadiah, tamu undangan, serta masyarakat. Ki Anom Hilmi tampil mengawali acara.

Hilmi putra Bapak Slamet Kuswantoro,MPd yang beralamat di Sogan Wates memang masih sangat muda, karena saat ini baru berusia 9 (Sembilan) tahun masih duduk di kelas IV (empat) SD IT Ibnu Masud Wates. Dan belajar mendalang di Sanggar Ayodya milik Ki Juwaraya Alib Biyono dari Sembungan Kasihan Bantul.

Sekda pun bangga karena Ki Anom Hilmi sudah beberapa kali tampil mendalang. Dan untuk terus mengembangkan bakatnya, Sekda meminta kepada semua pihak yang untuk memberi kesempatan kepada Ki Anom Hilmi untuk pentas pada kesempatan-kesempatan lainnya.

Pentas yang sudah dilakukan Hilmi antara lain: 1).saat pagelaran wayang rintisan desa budaya desa sogan 2015. 2).Parade dalang anak Kabupaten Bantul 2015. 3).Mucuk i, (dalang pembuka) Ki Rusmadi acara Nyadran Ageng Kab. Kulon Progo 2016. 4).Wayang Tone, acara wisuda lulusan SD IT Ibnu Masud 2016, 5).Mucuk i, Ki Gebes (2x) bersih desa Dayakan dan desa Glagah. 6).Mucuk I, Ki Ngadi Hadi Widodo desa Sogan, 7).Mucuk i, Ki Kuat dalang Wonosari di desa Plumbon, dan 8). Saat malam penutupan hari jadi Kab. Kulon Progo Mucuk i, Ki Gebes.


Seusai pentas Ki Anom Hilmi, dilanjutkan laporan panitia Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo yang disampaikan oleh Asisten Sekda I Arif Sudarmanto,SH, dilanjutkan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, sambutan Penjabat Bupati Kulon Progo yang diwakili Sekda Kulon Progo, dilanjutkan doa yang dipimpin oleh Saeful Hadi,SAg,MPdI, dari Kantor Kemenag Kulon Progo, dan ditutup pementasan wayang kulit oleh Ki Taat Sumbogo (Ki Gebes) dari LANAL DIY dengan cerita Wahyu Cahyo Moyo.

Cerita ini Wahyu Cahyo Moyo memiliki makna wahyu yang dicari siapa saja. Hal ini sesuai kondisi Kabupaten Kulon Progo yang pada tahun 2017, karena akan ada wahyu yang dicari siapa saja.

Sebelumnya, Arif Sudarmanto,SH menyampaikan berbagai rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke 65 Kabupaten Kulon Progo, dan semua dapat berjalan dengan lancar.

Dan pada malam penutupan rangkaian hari jadi ini, diberikan hadiah dan penghargaan kepada berbagai pihak antara lain:
Pemberian penghargaan atas preatasi capaian percepatan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) bagi desa/ kelurahan tahun 2016 yang dibagi dalam 4 (empat) kelompok, masing-masing kelompok diambil 4 (empat) terbaik.

Pemberian penghargaan kepada Tiga besar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Tahun Anggaran 2016 Peringkat I Kecamatan Girimulyo (sangat baik), Peringkat II Kecamatan Galur (baik) dan Peringkat III Kecamatan Wates (baik).

Pemberian Penghargaan kepada pemenang lomba senam angguk Versi 2 Tahun 2016.
Kategori Umum: Peringkat I KENES PUSPITA Wates, Peringkat II SEMAPUT Gunung gempal Giripeni Wates, Peringkat III, KRATEKIT Karangtengah Kidul Margosari Pengasih.
Kategori Dinas/Instansi: Peringkat I Polres Kulon Progo, Peringkat II SD Negeri 4 Wates, Peringkat III SD Negeri Margosari Pengasih.

Pemberrian Penghargaan kepada peserta Kirab Budaya Menoreh 2016, Penyaji Terbaik I Nyi Ageng Serang Kulon Progo, Penyaji II Pantai Baru Bantul, Penyaji Terbaik III Rewondo Wonogiri, Penyaji Terbaik IV Calung Banyumas, Penyaji Terbaik V Rampak Bedug Banten.

Pemberian Penghargaan kepada para pemenang pertandingan Bulu Tangkis Tahun 2016, Juara I TIM Wates A Kecamatan Wates, Juara II Tim Galur Kec Galur, Juara III Tim Temon Kec Temon, Juara IV Tim Lendah Kec Lendah.