TMMD Reguler Ke - 97 Resmi Dibuka

  • 20 September 2016 13:45:05
  • 2128 views

KALIBAWANG, Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke - 97, tahun anggaran 2016 resmi dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. Sulityo, Selasa (20/9), di Lapangan Banjararum, Kecamatan Kalibawang.

TMMD Reguler ke - 97 di Wilayah Kodim 0731 Kulon Progo, akan berlangsung selama 30 hari, efektif mulai tanggal 20 September sampai dengan 19 Oktober 2016, di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang.

Menurut Komandan Kodim 0731 Kulon Progo, Letkol ARM Teguh Tri Prihanto U., S.Sos, Kegiatan Pra TMMD telah dilaksanakan sejak tanggal 5 s/d 19 September 2016, dan sudah mencapai 30 persen.

Lebih jauh Dandim 0731 Kulon Progo pada Upacara Pembukaan TMMD melaporkan, sasaran kegiatan TMMD meliputi Fisik dan Non Fisik.

Kegiatan Fisik berupa : Corblok Jalan (1000 x 3 x 0,10 m), Pembuatan TALUD (80 x 1,5 m), Pembuatan Gorong-gorong (4 unit), Finishing Musholla Al- Mutaqin (1 unit), Pembuatan Tempat Wudlu dan MCK Musholla (1 unit), dan Pembuatan Gardu Ronda (1 unit).

Sedangkan kegiatan Non Fisik berupa : Bimbingan dan Penyuluhan kepada Masyarakat dalam bidang ; Pembinaan Mental dan Agama, Radikalisme dan Kamtibmas, Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Narkoba, Kenakalan Remaja, Penyakit Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, KB dan Reproduksi Remaja, Pertanian dan Peternakan.

Teguh menambahkan, bahwa sumber anggaran pelaksanaan TMMD diambil dari APBD Provinsi, APBD Kabupaten dan Swadaya Masyarakat.

Tim Pelaksana terdiri dari : Kodim 0731 Kulon Progo (15 orang), Tim Asistensi (25 orang), Satuan Setingkat Kompi (SSK) 110 orang, terdiri atas : TNI AD (88 orang), TNI AL (5 orang), TNI AU (5 Orang), Satuan Zeni (10 orang), Medis dari Satuan Kesehatan (2 orang).

Selain itu, TMMD ke -97 juga dibantu oleh : Polres Kulon Progo (5 orang), Den B Satbrimobda DIY, Sentolo (5 orang), Tagana (5 orang), Pol PP (5 orang), Paksi Katon (5 orang), Masyarakat, KBT dan Aparat Pemerintah sejumlah 70 orang setiap hari.

Dalam sambutannya Gubernur DIY yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Setda Provinsi DIY, Drs. Sulistyo, menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Komandan Korem 072/Pamungkas yang telah memprakarsai kegiatan TMMD.

Lebih lanjut, Gubernur melalui sambutan tertulisnya mengatakan, Program TMMD masih sangat dibutuhkan, karena keterlibatan TNI dalam pembangunan sarana dan prasarana serta infrastruktur wilayah sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam Program TMMD ini, Gubernur berharap, terwujudnya kemanunggalan TNI dan Rakyat dengan semangat kebersamaan, gotong-royong, dan rasa kekeluargaan, serta partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah sehingga tercapai jiwa persatuan, kesatuan yang kokoh, dan kuat.

Pembukaan TMMD ditandai dengan penyerahan pohon dan alat pendukung kegiatan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Prov. DIY, Sulistyo, kepada masyarakat / pelaksana kegiatan, Penandatanganan Berita Acara Kegiatan, serta pemukulan kentongan.

Usai upacara hadirin dihibur oleh penampilan Barongsai anggota TNI dan Tari Angguk. (Budi)

FOTO-FOTO BERITA TERKAIT :