Pembayaran Pengadaan Tanah Bandara

  • 20 September 2016 12:41:34
  • 2186 views

TEMON. Pembayaran ganti rugi lahan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo kepada pemilik lahan yang mulai dilaksanakan Rabu (14/9) hingga beberapa hari ini berjalan lancar. Pembayaran dilakukan melalui 4 (empat) pos di tiga desa di Kulon Progo.

Senin (19/9), di Balai Desa Glagah proses pembayaran juga berjalan lancar, dengan dua pos yang melayani 9 dusun. Pos Glagah 1 untuk warga dari Dusun Kepek, Bapangan, Sidorejo, dan Kretek. Sedangkan Pos Glagah 2 untuk warga dari Dusun Macanan, Bebekan, Logede, Sangkretan, dan Glagah.

Warga yang datang menyerahkan undangan dan mengisi daftar hadir, selanjutnya antri menghadap petugas yang memeriksa dokumen-dokumen hingga proses pencairan dengan melewati 5 meja layanan.

PT Angkasa Pura I menggandeng tiga bank yakni BNI, BRI, dan Mandiri. Sehingga warga bisa tidak membawa uang hasil pelepasan hak atas lahannya secara tunai.

Pimpinan Proyek Pembangunan Bandara NYIA, R.Sujiastono, menjelaskan pembayaran kepada warga dilakukan secara bertahap hingga 4 Oktober mendatang. Lahan yang sudah dibayar menjadi aset PT.Angkasa Pura.

Sedangkan untuk lahan relokasi disediakan oleh Pemda, dan masyarakat boleh memilih type yang diinginkan.

R.Sujiastono juga menyampaikan apabila ada permasalahan akan dicarikan solusi, karena setiap masalah pasti ada solusinya.

Sedangkan terkait rencana pembangunan bandara yang akan dikerjakan runway, apron, kemudian sarana lainnya.

Salah satu penerima pembayaran Sri Ambar Purwanti warga Glagah menyampaikan, proses pembayaran tanah miliknya lancar, Senin (19/9) dirinya menerima 4 (empat) rekening untuk 4 bidang tanah miliknya.

(akhmad)