Presiden RI Bantu Satu Ekor Sapi untuk Kulon Progo

  • 09 September 2016 14:22:19
  • 2703 views

WATES, Menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 H, yang jatuh pada hari Senin, 12 September 2016, Presiden RI dan sejumlah Donatur memberikan bantuan Hewan Kurban ke beberapa Masjid. Mushola, Panti Asuhan dan Masyarakat di Kulon Progo.

Sebanyak 24 Hewan Kurban yang terdiri dari 3 ekor Sapi dan 21 ekor Kambing, diserahkan kepada Takmir Masjid dan masyarakat penerima di Halaman Rumah Dinas Bupati Kulon Progo, Jumat, (9/9).

Hewan Kurban diserahkan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Kulon Progo, Ir. Budi Antono, M.Si didampingi Direktur Umum Bank BPD DIY Cahya Widi, unsur SKPD terkait, beserta pihak donator kepada Takmir Masjid dan Masyarakat yang ditunjuk.

3 (tiga) ekor Sapi tersebut dibagikan kepada masyarakat di beberapa Kecamatan di Kulon Progo, yaitu, Sapi dari Presiden RI Joko Widodo untuk warga Desa Kalirejo Kecamatan Kokap, Sapi dari Gubernur dibagikan untuk beberapa Masjid dan Panti Asuhan di Kecamatan Girimulyo, dan Sapi Kurban dari Bank BPD DIY diserahkan ke sejumlah Masjid dan Panti Asuhan di Kecamatan Samigaluh dan Kalibawang.

Sedangkan 21 ekor Kambing, dibagikan ke beberapa Masjid, Mushola, dan masyarakat di Kecamatan Wates, Sentolo, Pengasih, Nanggulan, Lendah, dan Kokap. Rincian bantuan Hewan Kurban tersebut adalah sebagai berikut :

A). 3 ekor Sapi masing-masing dari Presiden RI, Gubernur dan Bank BPD DIY, dengan rincian :

1 (satu) ekor sapi dari Presiden diserahkan untuk masyarakat Desa Kalirejo Kecamatan Kokap.

1 (satu) ekor sapi dari Gubernur dibagikan ke beberapa Masjid yaitu : Masjid At Taubah, Sayam, Songo, Jatimulyo, Girimulyo; Masjid Wasilatul Barokah, Penggung, Giripurwo, Girimulyo; Masjid Baiturrahman, Gintungan, Ngaglik, Purwosari, Girimulyo; Masjid Al Amin, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo; Masjid An-Nur Wadas 41/15, Giripurwo, Girimulyo; sedangkan Kulit Sapinya diberikan ke Panti Asuhan Muh.Tuksono Karang Rt 07 Rw 04, Tuksono, Sentolo.

Sedangkan 1 (satu) ekor Sapi dari Bank BPD DIY dibagikan ke Masjid Al Furqon, Canden Ngargosari, Samigaluh Kulon Progo; Masjid Nuril Anwar, Nguntuk-untuk Ngargosari, Samigaluh; Masjid Sunan Kalijogo, Nguntuk-untuk, Ngargosari, Samigaluh; Mushola Al Amin, Kempong, Banjaroya, Kalibawang; Panti Asuhan Muh Putra Daarusubusi, Beji, Wates (Kulit Sapi).

B). 21 ekor Kambing bantuan dari Baznas KP (4 ekor), Bank Pasar (4 ekor), Bank BPD DIY (1 ekor), Forum CSR (4 ekor), PDAM (3 ekor), PT.SAK (3 ekor), PD. Aneka Usaha (1 ekor), Ibu Rismiyati/Kesra (1 ekor).

Hewan Kurban berupa Kambing tersebut, diserahkan ke Masjid Jamik Wates; Panti Asuhan Alimiyah, Warga Pedukuhan Clapar, Hargowilis, Kokap; Masjid Al hidayah, Tawang, Banyuroto, Nanggulan; Masjid Al Mutaqin, Depok, Sukoreno, Sentolo; Masjid AnNur AnJosuto, Josutan 25/11, Karangsari Pengasih; Masjid Daarul Huda, Selo Barat, Hargorejo, Kokap; Mushola Al Iman, Gn.Penthul, Karangsari Pengasih; Masyarakat Mrunggi, Mrunggi 23/13 Sendang sari, Pengasih; Masjid Nur Hidayah, Peloso, Bangun Cipto Sentolo; Masjid Arrahman, Sapon, Sidorejo Lendah; Pedukuhan Bangeran, Bumirejo Lendah; Masjid Baitussalam, Berangkal, Banyuroto, Nanggulan; Dusun Dipan, RT 3/14 Dipan, Wates; LKS Baitunajjah, Sangon Kalirejo, Kokap; Mushola Al Falah, Depok, Sukoreno Sentolo; Masjid Al Ikhlas, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo; Masjid Baitussalam Keji, Hargotirto, Kokap; Masjid At Taqwa, Kedokan, Sidorejo, Samigaluh.

Penjabat Bupati Kulon Progo, Ir. Budi Antono, Msi menyampaikan terimakasih kepada pihak donator, atau pemberi bantuan Hewan Kurban yang dengan sukarela dan Ikhlas melaksanakan Kurban dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Budi Antono berharap, semoga Hewan Kurban tersebut benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat yang berhak menerima dan khususnya bagi warga miskin juga dapat merasakannya. (Budi/Akhmad)