Pegadaian, Bulog dan Sang Hyang Seri Dukung Gapoktan

  • 25 Agustus 2016 13:34:44
  • 1977 views

PENGASIH, Ratusan Petani yang tergabung dalam Gapoktan Tunggal Sari, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Temu Wicara dengan jajaran pimpinan PT. Pegadaian (Persero), Perum Bulog, dan PT.Sang Hyang Seri (Persero) di Balai Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kamis (25/8).

Gapoktan sebagai mitra dan binaan PT. Pegadaian, dalam temu wicara ini memberikan beberapa usulan untuk kemajuan produksi pertanian maupun keuntungan hasil dari penjualan gabah ataupun beras yang mereka hasilkan.

Ketua Gapoktan Tunggal Sari, Samuji, mempertanyakan program-program PT.Pegadaian (Persero) yang paling tepat untuk kebutuhan Petani.

Selain itu, anggota Gapoktan lainnya, Mujirin, juga mempertanyakan bagaimana untuk pembiayaan pupuk, dan bibit padi, karena selama ini mereka masih merasa kesulitan, apalagi kalau harganya mahal.

Untuk pengolahan lahan pertanian, Mujirin, menyampaikan, selama ini masih sewa traktor. Ia mengusulkan agar dibantu Traktor untuk menggarap pertanian mereka.

Menanggapi beberapa pertanyaan dan usulan dari pihak Gapoktan Tunggal sari, Dirut PT. Pegadaian (Persero), Riswinandi, menjelaskan, bahwa PT. Pegadaian selalu konsisten dengan apa yang telah dibangun dengan warga Petani.

Oleh karena itu, kata Riswinandi, pihaknya bekerjasama dengan Perum Bulog, PT. Sang Hyang Seri (Persero) untuk menyatukan sinergitas ketiga Perusahaan tersebut ikut membangun dan mendukung kemajuan Gapoktan.

"Melalui Program PT. Pegadaian Sahabat Desa, bekerjasama dengan Perum Bulog, dan PT. Sang Hyang Sri, ikut andil dalam pengentasan ekonomi kerakyatan. Bulog akan menyerap beras atau gabah Petani, sedangkan PT. Sang Hyang Seri akan menyediakan benih atau bibitnya, dan PT. Pegadaian akan menyiapkan kebutuhan modal kerja." Tegas Dirut PT.Pegadaian (Persero).

Sementara itu, Kepala Divisi Bisnis dan Industri Hulu Perum Bulog, Ir. Imam Subowo, mengatakan, Peran Bulog dalam pemberdayaan Gapoktan, sesuai dengan 3 (tiga) Pilar Ketersediaan Pangan, yaitu : 1. Bulog harus beli gabah / beras Petani, 2. Pilar Keterjangkauan secara fisik (konsumen) dan harga, 3. Stabilitas Harga Gabah/Beras.

Menanggapi apa yang disampaikan pihak Gapoktan, Kepala Divisi Regional II PT. Sang Hyang Sri, Ahmatullah, menyatakan siap mensuplay atau menyediakan benih/bibit padi yang berkualitas untuk Petani.

Penjabat Bupati Kulon Progo, Ir. Budi Antono, M.Si, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Kulon Progo, Drs. Djoko Kus Hermanto, MM mengatakan, program-program PT.Pegadaian yang diluncurkan diharapkan dapat bermanfaat bagi Petani, mulai dari penyiapan lahan, pengolahan lahan pertanian, penanaman benih hingga produksi hasil panen. Pada akhirnya Petani maju dan sejahtera.

Pada akhir sambutannya, Pejabat Bupati mengucapkan terimakasih kepada PT. Pegadaian (Persero) yang telah membantu program-program Pemkab. Kulon Progo seperti Program Bedah Rumah dan pengadaan Tenda PKL di Alun-Alun Wates. (Bud)

Foto-foto Berita Terkait :