Songsong Pemilihan Bupati Wakil Bupati, Panwas Lantik 36 Panwascam, Ajak Masyarakat Perbaiki Niat

  • 27 Juli 2016 14:03:12
  • 1849 views

WATES. Menyongsong Pemilihan Bupati Wakil Bupati Kabupaten Kulon Progo yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017, Ketua Panwas Pemilihan Kabupaten Kulon Progo lantik 36 anggota Panwascam dan mengajak Masyarakat memperbaiki niat.

ada 36 (tiga puluh enam) anggota Panwascam dilantik pada Pelantikan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Se-Kabupaten Kulon Progo. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Kulon Progo Tamyus Rochman S.H.I. di Gedung Kaca, Rabu (27/7), disaksikan Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo beserta Forkompinda, Forkompinca se-Kabupaten Kulon Progo.

Sebelum pelantikan dilakukan, terlebih dahulu dilakukan pembacaan Surat Keputusan oleh Ketua Sekretariat Panwas Kabupaten Kulon Progo Bapak Y.Agung Wahyudi,ST, kemudian dilakukan pengambilan Sumpah/ Janji oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Kulon Progo, dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah/ Janji.

Setelah pernyataan pelantikan oleh Ketua Panwas Pemilihan Kabupaten Kulon Progo, dilakukan pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan Panwas Kecamatan Aris Tiana, dan penandatanganan Pakta Integritas.

36 anggota Panwascam dibagi untuk 12 (dua belas) Kecamatan, sehingga tiap kecamatan ada 3 (tiga) anggota Panwascam, yang ditetapkan berdasarkan SK Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Kulon Progo tanggal 27 Juli 2016 dan berlaku sejak tanggal pelantikan dan pengambilan sumpah/janji, dan berakhir 2 (dua) bulan setelah seluruh tahapan penyelenggaraan pemilihan selesai.


Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menyampaikan selamat atas dilantiknya anggota Panwascam pada pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kulon Progo yang pelaksanaannya pada tanggal 15 Februari 2017.

"Panwascam memiliki tugas yang tidak ringan dalam ikut serta menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kulon Progo 2017 nanti" kata Wabup.

Wabup menilai tugas Panwascam tidak ringan karena selaku pengawas di tingkat kecamatan tidak boleh tidak terlaksana.

Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kulon Progo selain meningkatkan akurasi daftar pemilih, mengendalikan politik uang, juga guna menjaga kedaulatan pemilih, meningkatkan partisipasi masyarakat, menjaga proses pemungutan dan penghitungan suara, terlaksananya proses penegakan hukum berupa; membuka ruang dan mekanisme pengaduan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kulon Progo, menangani dan menindaklanjuti pelanggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kulon Progo, dan menyelesaikan perselisihan atau sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo.


Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Kulon Progo Tamyus Rochman,S.H.I menyampaikan, selaku Panwas Kabupaten Kulon Progo telah melaksanakan pembentukan Pamwascam yang dimulai tanggal 15 Juni 2106 sampai pengumuman Panwascam terpilih pada tanggal 22 Juli 2016.

"Jumlah pendaftar adalah 122 orang, tes tertulis dilaksanakan hari Sabtu (2/7/2016) kemudian terpilih 6 orang per kecamatan untuk mengikuti tes wawancara, yang kemudian terpilih 36 orang untuk 12 kecamatan se-Kabupaten Kulon Progo, masing-masing 3 orang per-Kecamatan. sekarang sampailah pada puncaknya yaitu acara Pelantikan Anggota Panwascam terpilih, yang kita harapkan dapat memberikan kontribusi yang terbaik dan bekerja ikhlas demi kesuksesan Pilkada Kulon Progo 2017" Kata Tamyus Rochman.

Tamyus juga mengatakan penghormatan terhadap kedaulatan rakyat harus kita wujudkan dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Momentum pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kulon Progo tahun 2017 yang tinggal beberapa bulan lagi harus dijadikan sebagai salah satu spirit untuk lebih menghormati hak-hak dan kedaulatan rakyat.

"Harus kita jadikan sebagai salah satu spirit untuk lebih menghormati hak-hak dan kedaulatan rakyat.khususnya di Kabupaten Kulon Progo yang kita banggakan ini. setiap pemangku kepentingan saya harapkan untuk memperbaiki niat dalam menyongsong Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun
2017" kata Tamyus.

Tamyus juga mengajak seluruh masyarakat Kulon Progo untuk memperbaiki niat dalam rangka menyongsong pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2017 dengan meniatkan bahwa Pemilihan ini akan dijadikan sebagai sarana untuk mencari pemimpin yang adil, mencari pemimpin yang mampu menjadikan Kulon Progo sebagai daerah yang lebih baik, mencari pemimpin yang mampu membawa kedalam kesejahteraan.