Konsumsi Ikan di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri

  • 28 Mei 2016 06:51:40
  • 1319 views

WATES, Usai mengikuti senam massal di Alun-alun Wates pada hari Sabtu pagi (28/5), Bupati Kulon Progo dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menyampaikan, sesuai dengan pesan Presiden dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri, hendaknya dapat menekan harga daging Sapi tidak lebih dari 80 ribu rupiah per kilogramnya.

Namun dokter Hasto menilai masih sangat sulit untuk menurunkan atau mengendalikan harga daging Sapi pada saat menjelang atau memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri tersebut. Apalagi harus mendatangkan Sapi atau daging dari luar Kulon Progo, Bupati merasa hal itu belum memungkinkan.

Oleh karena itu, dokter Hasto di hadapan ibu-ibu Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) berpesan, cara menurunkan harga daging Sapi di Kulo Progo adalah dengan melakukan kampanye sebanyak-banyaknya untuk membeli ikan, bukan daging.

Dokter Hasto mengatakan, secara ilmiah Ikan dinilai lebih sehat daripada daging, karena Ikan mengandung Omega 3dan DHA yang sehat bagi bayi dan balita.

"Tdak ada alasan untuk tidak menyukai ikan. Karena ikan juga banyak mengandung lemak tidak jenuh (baik), daripada daging banyak mengandung lemak jenuh (jahat), kandungan lemak jenuh dalam ikan hanya 1/5." Tegas Dokter Hasto.

Sementara senam massal dalam rangka HUT ke -49 Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PORWASI) ini, diikuti oleh ribuan orang mulai dari anak usia SD, remaja, dewasa hingga ibu-ibu dan Bapak-bapak dari Kulon Progo dan Kabupaten lainnya di DIY.

Bupati berpesan agar PERWOSI dapat menjadi penggerak bagi keluarga dan masyarakat untuk selalu melakukan senam secara bersama-sama dengan maksud guna menjaga kesehatan.

Bupati Kulon Progo beserta isteri mengikuti senam massal yang diselenggarakan PORWASI, yaitu Senam Bugar Anak Indonesia (SBAI), Senam Angguk, dan Senam Aerobik.

Ikut hadir dalam Senam Massal, Dandim 0731 Kulon Progo, Letkol Gunawan, Pengurus KONI DIY, serta pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Pada kesempatan ini, diberikan doorprize dan beberapa piala untuk kejuaraan senam yang sudah diselenggarakan sebelumnya. (Bud)