Jam Kayu Jadi Ikon Baru dari Kulon Progo

  • 27 April 2016 21:42:31
  • 2126 views

Jam Kayu buatan Iyos Permana warga Pedukuhan Madigondo Sidoharjo Samigaluh jadi ikon baru dari Kulon Progo yang membanggakan.

Berkat kreativitas iyos berhasil mengubah kayu limbah jadi kerajinan jam tangan yang berharga dan bernilai tinggi. Jam kayu buatannya semakin membanggakan, karena selain jadi perhatian saat dipamerkan di puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XX, ternyata juga diminati oleh masyarakat luar negeri.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pun berkenan menandatangani pada jam kayu buatan iyos ini. 

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan inovasi produk lokal merupakan salah satu bentuk penguatan otonomi daerah.

Kulon Progo dianggap sukses mengembangkan produk lokal dengan menciptakan batik geblek renteng dan beberapa produk lokal lainnya, bahkan saat ini ada jam kayu.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) juga menyambut positif adanya produk baru dari Kulon Progo ini, dan Pemkab Kulon Progo akan mendukung penuh pengembangannya termasuk pemasarannya.

Terkait perhatian dari berbagai kalangan yang bagus terhadap produknya, iyos menyampaikan pada semua pihak yang yelah mengapresiasi karyanya, dan berharap menjadi tonggak kebangkitan untuk lebih mencintai produk dalam negeri.

"Jam tangan ini mulai dibuat sejak akhir tahun lalu. Namun sudah ratusan pieces produk jam yang sudahdikerjalan" katanya.

Istri Iyos menjelaskan, bahwa produk kayu buatan suaminya ini sudah dipasarkan dibeberapa kota di Indonesia, teemasuk ke beberapa negara di Eropa.

(akhmad)