Wiwitan Panen Raya Padi Program GP3K

  • 27 April 2016 08:46:05
  • 1763 views

Panen Raya Padi Program GP3K yang dilaksanakan di Bumirejo Lendah Kulon Progo, Selasa (26/4), diisi dengan Pementasan tari, Karawitan, Upacara Wiwitan, dan dialog. Bahkan selain mendapat penjelasan tentang berbagai program terkait dengan pertanian, dalam kesempatan tersebut juga diberikan berbagai bantuan untuk kelompok tani.

Selain Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dalam kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Dirut Pupuk Indonesia Persero Drs.Aas Asikin Idat, Dirut Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto, Dir Pemasaran Pupuk Indonesia Koeshartono, Ka Dinas Pertahut DIY Ir.Sasongko,MSi, Muspida Kulon Progo, Dipertahut, Kasiter Korem 072 Pamungkas Kol.Inf.Satyo Aryanto, Ka Bulog Divre DIY Zuqit, Kasi Organisasi Pemerintahan POLDA DIY Kompol Djaenawan serta ratusan petani.

Dokter Hasto (Bupati) menyampaikan kebijakan Pro Beras yang dilakukan di Kulon Progo seperti Pembelian beras oleh PNS dari petani, Penggantian raskin dengan rasda dari petani Kulon Progo, Pembuatan beras premium serta Intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

Sedangkan Aas Asikin Idat menyampaikan Program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) yang digencarkan PT Pupuk Indonesia mampu meningkatkan hasil panen petani di sejumlah daerah di Indonesia.

"Tujuan program GP3K yang kami gencarkan adalah untuk mengkampanyekan pemupukan berimbang dengan pola 5:3:2. artinya pemupukan terdiri dari 500 kg petroganik, 300 kg phonska, dan 200 Kg urea per hektar sawah" kata Aas

(akhmad)