Membanggakan, Wapres Jusuf Kalla Pakai Batik Gebleg Renteng

  • 26 April 2016 08:38:36
  • 4384 views

Selain rasa syukur atas diraihnya penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat kepada Kabupaten Kulon Progo berupa Parasamya Purna Karya Nugraha, dan sukses menjadi tuan rumah pertama kali dalam acara tingkat nasional karena sebelumnya hanya digelar di Istana Negara. Sisi lain yang menjadi kebanggaan bagi Kulon Progo adalah orang nomor dua (RI 2) di Republik Indonesia yaitu Wakil Presiden HM Jusuf Kalla yang berkenan hadir pada acara peringatan Hari Otonomi Daerah XX di Alun-alun Wates Kulon Progo, Senin (25/4), memakai baju batik khas Kulon Progo Batik Gebleg Renteng.

                Pak JK panggilan mudahnya saat itu memakai batik gebleg renteng dengan perpaduan warna hijau dan kuning dengan angka delapan sebagai ciri khas batik yang diambilkan dari makanan khas Kulon Progo berupa Gebleg yang menyerupai angka delapan.

                Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo dalam sesi kunjungan di stand pameran  menyampaikan terima kasih  atas kesediaan Bapak Wakil Presiden memakai Batik khas Kulon progo Gebleg Renteng.

                "Ini stand pengrajin batik Kulon Progo yang menjadi khas kita yaitu batik Gebleg Renteng, seperti yang bapak Wakil Presiden pakai pada saat ini,  terima kasih  Bapak Wakil Presiden sudah memakai batik gebleg renteng,"kata Hasto.

                Tidak hanya Hasto, beberapa warga Kulon progo juga merasa bangga dengan batik khas Kulon Progo, meski masih tergolong belum lama karena baru munculnya batik khas ini pada beberapa tahun yang lalu, namun telah mampu menarik tidak hanya di tingkat lokal namun sudah sampai luar daerah. Bahkan menjadi cinderamata bagi tamu-tamu penting yang berkunjung di Kulon progo.

                "Wah yang senang sekali, Pak JK  saja pakai batik khas Kulon Progo, ini berarti sudah sangat luar biasa keberadaan batik khas kita Gebleg renteng,"ujar Purwoto.