Bupati Launching Program TANDES

  • 24 April 2016 11:51:46
  • 1196 views

Dalam rangka menyambut Hari Otonomi Daerah (Otda) XX, Pemkab Kulon Progo menyelenggarakan Launching Implementasi Program Terus Makarya Mbangun Deso (TANDES) Minggu (24/4), yang merupakan semangat pemerataan pembangunan desa disertai gotong royong percepatan pembangunan.
Terkait dengan peluncuran UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, salah satu program TANDES adalah Peta Desa. Peta yang berisi rincian data penduduk setempat ini diupayakan dapat membantu program Kemandirian Daerah dan berbagai program pemerintah lain seperti Bedah Rumah.
Sebagai contoh program Peta Desa yang telah dibuat adalah Desa Karangsari, dimana data-data yang diinput mulai dari per-KK, jenis pekerjaan, pendapatan, kepemilikan tanah, dan kriteria-kriteria tertentu seperti golongan keluarga mampu dan tidak mampu yang semuanya memiliki indikator masing-masing.
Program TANDES bertujuan memperkecil ketimpangan pembangunan antara kota dan desa dan menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan pembangunan, program ini juga didukung dengan adanya spirit lokal yang dibawa oleh Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo yang sering disebut dengan Gerakan Gotong Royong Rakyat Bersatu disingkat (Gentong Rembes).
"Bagi Desa yang merasa sudah mampu kemudian bisa menambahkan dari dana desa/alokasi desanya silahkan, kalau seandainya masih ingin mengusulkan ke Pemkab maka kemudian kami akan `rembug` kepada Bappeda dan kemudian kami akan sampaikan ke DPRD" tegasnya. (Anna/Rya)