Pemikiran RA Kartini Dapat Memperteguh Daya Cipta dan Kreativitas

  • 21 April 2016 11:50:00
  • 1558 views

Pada Upacara Hari Kartini yang diselenggarakan Halaman Pemkab Kulon Progo, Kamis (21/4) Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) yang juga Inspektur Upacara mengajak masyarakat Kulon Progo untuk meniru dan mengamalkan kepeloporan RA Kartini.

Terkait peran perempuan di Kulon Progo, Dokter Hasto menyampaikan bersyukur, karena di Kulon Progo ada pahlawan nasional Nyi Ageng Serang, dan Ketua DPRD saat ini juga dijabat oleh seorang perempuan, dan masih banyak jabatan strategis yang juga dijabat oleh kaum perempuan.

Melalui peringatan Hari Kartini, diharapkan pemikiran RA Kartini dapat memperteguh daya cipta dan kreativitas perempuan di masa kini dan masa yang akan datang.
Bahkan Gerakan Bela Beli Kulon Progo juga sangat membutuhkan peran serta aktif ibu-ibu rumah tangga didalam kehidupan sehari-hari, dengan hidup yang bersahaja, sederhana dan sejahtera.


Pada Upacara peringatan Hari kartini ini, beberapa petugas upacara juga dijabat oleh perempuan, antara lain Perwira Upacara IPTU Satiyem, Komandan upacara IPDA Martina, Pembawa Acara Novi Setyawati. Sedangkan untuk kesatuan peserta upacara, antara lain Kodim 0731 Kulon Progo, Sat Brimob, Polres Kulon Progo, Polwan Polres, Sat Radar 215 Congot, Sat Pol PP, Badan/Dinas/Kantor/Bagian, PKK/GOW,DWP, Pelajar/mahasiswa/Ormas.


"Kepeloporan RA Kartini wajib ditiru dan kita amalkan, kini wanita Indonesia memperoleh hak-haknya sebagai seorang wanita dan memperoleh kebebasannya" kata Dokter Hasto dihadapan peserta Upacara peringatan Hari Kartini yang diikuti oleh berbagai unsur Forkompimda, Ormas, pelajar, dan organisasi perempuan di Kulon Progo.

Tapi Dokter Hasto mengingatkan perjuangan dan cita-cita kartini tentu belum sepenuhnya berhasil. Masih banyak wanita-wanita Indonesia, perempuan-perempuan Indonesia yang perlu diperjuangkan nasibnya. Masih banyak yang membutuhkan uluran tangan. Oleh sebab itu perlu meningkatkan partisipasi terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita kartini segera terwujud.

"Alhamdulillah di Kabupaten Kulon Pogo punya pahlawan nasional perempuan Nyi Ageng Serang, dan juga kita syukuri Ketua DPRD Kulon Progo saat ini juga seorang perempuan" tambah beliau.

Itulah sikap tegas perempuan yang secara langsung mencerminkan keluhuran dan cita-cita Kartini, sikap itu memperhatikan betapa hak asasi manusia Indonesia ini sangat diperhatikan. Terlebih hak wanita dalam menempatkan diri ikut serta membangun nusa dan bangsa Indonesia.
Tidaklah berlebihan jika wanita sekarang ini sudah mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki.

Hari kartini yang diperingati setiap tahun, diharap jangan hanya sebagai retorika tapi mari bersama-sama mengambil hikmah sebaik-baiknya yaitu agar pemikiran kartini, memperteguh daya cipta dan kreativitas kreativitas perempuan di masa kini dan masa yang akan datang.

Juga mengajak untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap Kabupaten Kulon Progo untuk selalu menggelorakan prinsip-prinsip kemandirian ekonomi, dalam keluarga dan juga di masyarakat.

Gerakan Bela Beli Kulon Progo membutuhkan peran serta aktif ibu-ibu rumah tangga didalam kehidupan sehari-hari, hidup yang bersahaja, sederhana dan sejahtera di dalam keluarga masing-masing.

"Selamat Hari Kartini, semoga sukses untuk perempuan dan masyarakat Kabupaten Kulon Progo" Kata Dokter Hasto.
(akhmad)