Dasawisma Menjadi Pondasi Suksesnya PKK

  • 20 April 2016 14:18:34
  • 1877 views

WATES, Dasawisma menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari PKK, karena dasawisma merupakan miniatur PKK yang direalisasikan dalam kelompok organisasi bagian yang terdiri dari 10-20 KK dalam suatu wilayah RT. Hal ini dilandasi oleh pelaksanaan kegiatan PKK yang selalu bersentuhan langsung dengan kelompok terkecil masyarakat yaitu keluarga.

Pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Kabupaten Kulon Progo, di Aula Adikarta (Rabu, 20/4-2016), Ketum TP PKK Pusat Erni Kuntarti Cahyo Kumolo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo Dwikisworo Setyowireni, dikatakan bahwa PKK harus mampu memperkuat kader-kadernya melalui berbagai kegiatan kreatif dan positif yang didukung oleh penguatan dasawisma. Hal tersebut sesuai dengan tema peringatan tahun ini, yaitu Dengan HKG PKK KB KES Kita Wujudkan Kinerja PKK Melalui Penguatan Dasawisma.

Lebih lanjut disampaikan, PKK harus mampu mempercepat dan meningkatkan bidang kegiatan sendiri melalui 10 program pokok PKK, cepat menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang ada, menempatkan Posyandu di garda terdepan, serta mampu berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan mitra kerja.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) yang hadir dalam acara ini, menyampaikan bahwa peran PKK harus ditingkatkan dalam berbagai hal seperti peningkatan pengetahuan kadernya dalam hal kesehatan, seperti persoalan gizi balita, karena pertumbuhan balita sangat penting dan mempengaruhi pertumbuhan anak dimasa depannya. "Hal ini dapat dilakukan dengan jalan mengadakan seminar atau kegiatan-kegiatan lainnya" tegas dokter Hasto. Selain itu, dokter Hasto menambahkan, hal yang tidak kalah pentingnya dalam rangka menyejahterakan keluarga adalah dengan cara hidup hemat. "Dengan penghematan keluarga akan sejahtera seperti misalnya memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah kita untuk kebutuhan dapur, seperti kembali memakai alat dapur "luweng" (jawa) untuk memasak dengan bahan bakar kayu" tegasnya.

Bupati juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas keberhasilan TP PKK Kabupaten Kulon Progo, dalam berbagai lomba di tingkat Provinsi dengan menyabet beberapa juara, seperti Juara I lomba Gerakan Sayang Ibu oleh TP PKK Kecamatan Pengasih, Juara II Lomba Posyandu oleh TP PKK Kecamatan Lendah dan Juara V Lomba Administrasi oleh TP PKK Kecamatan Sentolo.

Dalam Peringatan HKG PKK yang dihadiri oleh 200 kader PKK dari Kecamatan se Kabupaten Kulon Progo ini, juga dilakukan pelantikan ketua TP PKK Kecamatan, yaitu Kasriyati, SPd, M.Si (Ketua TP PKK Kec. Wates), Dra.Ika Hestu Mekarti (Ketua TP PKK Kec. Sentolo), Feni Riandari, SE (Ketua TP PKK Kec.Samigaluh) dan Mariastuti (Ketua TP PKK Kec. Kalibawang).
(Budi)