Masyarakat dan PNS Berpenghasilan Rendah Berpeluang Punya Rumah

  • 25 Januari 2016 11:23:05
  • 2480 views

(Wates, Minggu, 24/1-2016) Rumah merupakan kebutuhan pokok bagi keluarga yang sudah membangun rumah tangga. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama pengembang sangat memperhatikan kebutuhan bagi PNS yang masih belum memiliki rumah sendiri.

Menurut Wakil Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo, pada acara peletakan batu pertama pembangunan Perumahan Bumi Progo Sejahtera di Dusun Karangtengah kidul, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih (Minggu, 24/1), "Pemkab. Kulon Progo bersama pihak pengembang dan unsur terkait akan berupaya merealisasikan keinginan warga dan PNS yang berpenghasilan rendah, untuk memiliki hunian rumah murah layak huni. Untuk itu, MOU secara administratif diminta segera diselesaikan" tegasnya.

Selain itu, Sutedjo juga berharap pengembang dapat menjalankan pembangunan dengan baik dengan memperhatikan konstruksi bangunan dan kawasan perumahan yang ramah lingkungan karena berada di pinggiran sungai, untuk menghindari banjir.

Pembangunan perumahan ini, dikatakan Bapak Sutedjo juga selaras dengan Program "Pembangunan Sejuta Rumah" yang dicanangkan Presiden RI. Oleh karena itu, masyarakat berpenghasilan rendah dan PNS yang memiliki gaji pokok di bawah 4 juta perbulan sangat berpeluang menghuni perumahan ini, dengan dukungan dari Program Bapertarum-PNS berupa bantuan uang muka dan tabungan perumahan.

Perwakilan Pimpinan BTN dan BTN Syariah cabang Yogyakarta, selaku Bank Pelaksana Bapak Setiyadi, menyampaikan untuk memiliki rumah ini sangat mudah, karena uang muka dan bunga ringan serta angsuran pembiayaan dapat diangsur dalam jangka waktu 20 tahun.

Sementara itu, dari pihak pengembang PT. Kawan Bersama Sejahtera Abadi menjelaskan, rencana pembangunan perumahan ini sudah dirintis sejak tahun 2014 dan sekarang baru terwujud meski masih melalui proses panjang. Perumahan bersubsisdi yang dibangun di atas tanah seluas 30.689 meter2 , dengan tipe rumah 36 sejumlah 224 unit, luas kavling 75 meter2, dilengkapi fasilitas umum sesuai dengan ketentuan dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat.

Ikut hadir dalam peletakan batu pertama perumahan Bumi Progo Sejahtera, diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Akhid Nuryati, serta SKPD terkait. (Budi/Humas)