69 KK Miskin Butuh Bantuan

  • 25 Januari 2016 09:06:47
  • 1891 views

(Kalibawang, 24/1-2016), Upaya pengentasan kemiskinan terus dilakukan oleh pemerintah kabupaten Kulon Progo. Di kecamatan Kalibawang tepatnya di pedukuhan Sentul, Desa Banjar arum, masih terdapat keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan. Dari 500 jiwa atau 153 KK, yang menempati pedukuhan tersebut, 69 KK masih dikategorikan miskin, 17 rumah penduduk tidak layak huni, dan 3 rumah dalam proses rehabilitasi.

Menurut pengakuan kepala dusun Sentul, kondisi keprihatinan warganya sudah puluhan tahun berjalan, dan sangat mengharapkan bantuan dari berbagai pihak. Pada program rutin bedah rumah swadaya berbantuan kali ini, warga sentul, yaitu bapak Parjan mendapat bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta rupiah. Sumber dana diantaranya dari Desa Sejahtera Mandiri Kemensos RI.

Ikut hadir dan memberikan bantuan, diantaranya dari Bazda, Dinas Pekerjaan Umum, dan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) kabupaten Kulon Progo. Pada kesempatan bedah rumah ini, Parjan dan isteri merasa terharu dan bahagia setelah pihaknya mendambakan rumah layak huni dan langsung dihadiri Wakil Bupati Kulon Progo, Bapak Drs.H.Sutedjo beserta unsur SKPD terkait. "Apalagi bapak Wakil Bupati dan rombongan ikut terjun langsung bergotong royong." tutur Parjan.

Menurut Wakil bupati Kulon Progo, Drs. H. Soetedjo pada program bedah rumah (Minggu, 24/1), bahwa warga miskin menjadi tanggungjawab moral unsur pimpinan di lingkungan pemerintah setempat mulai dari Bupati, Wakil Bupati sampai dengan kepala dusun, beserta masyarakat yang mampu dan para donatur. "Kita akan dimintai pertanggungjawaban hingga akherat kelak" tuturnya.

Ditambahkan bapak Sutedjo, selama periode tahun 2012 hingga 2015, program bedah rumah semakin meningkat, pada tahun 2012 sebanyak 8 rumah, tahun 2013 sebanyak 9 rumah, tahun 2014 sebanyak 22 rumah, pada tahun 2015 sebanyak 72 rumah. "Diharapkan pada tahun 2016 semakin meningkat lagi, baik rumah yang dibedah maupun jumlah donatur." tegasnya

Selain rumah bapak Parjan, pada kesempatan yang sama juga dibedah rumah bapak Martanto (35 th), di dusun Pantog Wetan, Desa Banjaroya, kecamatan Kalibawang. "Martanto yang masih memiliki 2 anak balita kesehariannya hanya sebagai pekerja buruh serabutan dan tergolong keluarga prasejahtera yang sangat mendambakan rumah layak huni." kata bapak Dukuh Subadri. Martanto menerima bantuan sebesar 10 juta rupiah dari BAZNAS Kab.Kulon Progo.

Rumah yang dibangun berukuran 7,5 x 5,5 meter persegi, dengan 3 kamar dan 1 ruang tamu. Pembangunan kini sudah sampai tahap pengecoran. Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu, diantaranya dari BAZDA, BPMPT, DPU, dan BAZCAM Kalibawang. "Dalam hidup dan kehidupan itu butuh saling bantu dan dados orang umum, tidak mungkin orang hidup sendirian, maka dari itu mari kita saling peduli sesama" tegasnya. (Budi/hms)