Dubes Kanada Kunjungi Petani Kopi Suroloyo

  • 20 Januari 2016 14:29:23
  • 2029 views

Duta Besar Kanada untuk Indonesia, (Ambassador of Canada to Indonesia) H.E. Donald Bobiash, bersama Mrs. Helene Viau - Political Counsellor (Konsultan Politik Perempuan), dan
Mr. Steve Madore - CFLI Coordinator (Coordinator Canada Fund Local Initiative) mengunjungi Petani Kopi di Suroloyo Kulon Progo.

Donald diterima Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, Muspika, Pemerintah Desa, Petani Kopi Suroloyo, Himpunan Serikat Perempuan Indonesia (HAPSARI), Serikat Tani Kulon Progo (Sertani), Paguyuban Budaya Suroloyo, Serikat Perempuan Independen (SPI) Kulon Progo.

Dalam kunjungan ini Duta Besar Kanada melihat secara langsung berbagai kegiatan yang dilakukan oleh petani kopi di Suroloyo dibawah bimbingan Hapsari, yang bekerjasama dengan CFLI (Canada Fund Local Initiative).

Dubes Kanada dalam kesempatan tersebut mendapat penjelasan dari Ketua Dewan Pengurus Nasional HAPSARI Lely Zailani dan para petani tentang proses budidaya kopi, pengolahan kopi hingga pemasaran. Bahkan Dubes Kanada juga menyempatkan melihat kebun kopi sambil berdiskusi dengan para petani terkait kopi.

Dubes Kanada menyampaikan, bantuan kerjasama ini merupakan hadiah dari masyarakat Kanada kepada Indonesia.

"Kanada mendukung LSM Indonesia yang kuat seperti HAPSARI untuk melaksanakan proyek yang memperkuat kemampuan pengusaha perempuan. Tujuan dari proyek khusus ini adalah untuk menambah pengetahuan dan daya saing dari petani kopi perempuan untuk mereka memproduksi dan memasarkan kualitas produk yang lebih baik." Kata Dubes Kanada, di Di Padepokan Giri Saloka (sebelah Puncak Suroloyo) di Keceme Gerbosari Samigaluh Kulon Progo, Rabu (20/1/2016).


Wabup menyampaikan terimakasih, Dubes Kanada telah memberi perhatian dan memfasilitasi terhadap kegiatan perempuan di Kulon Progo. Dan bersukur, karena kerjasama kedua Negara selain memberi manfaat untuk hubungan kedua negara, juga dapat bermanfaat bagi masyarakat di pelosok.

"Terimakasih atensi yang besar, usaha bidang perkopian akan ikut memajukan kesejahteraan umum" kata Drs.H.Sutedjo.



Lely Zailani Ketua HAPSARI Nasional juga berterimakasih dan menyampaikan rasa bangga yang luar biasa, karena bisa kerjasama dengan Kedutaan Besar Kanada.

"Terimakasih, kerjasama ini kecil, lokal sekali, tapi bagi kami hal ini akan memberi dampak yang besar sekali, terutama diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean dan Dubes mau mengunjungi" kata Lely.

Lely juga menilai Pemerintah Kabupaten Kulon Progo juga dinilai luar biasa, dalam berbagai programnya seperti melalui ToMiRa, dan dukungannya terhadap perempuan untuk terus berkarya.

Terkait kegiatan yang sudah dilakukan Hapsari terhadap para petani di Kulon Progo, Lely menyampaikan sudah melakukan berbagai kursus pengolahan kopi, pengemasan, dan pemasaran.


Dalam kesempatan dilanjutkan Seminar dan Loka Karya Kebijakan dan agenda pemerintah dalam memperkuat kelembagaan dan produktivitas koperasi menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Lely juga menyampaikan, sebenarnya kualitas produk lokal tidak kalah dibanding dengan produk dari luar untuk itu perlu Hapsari bekerjasama dengan berbagai pihak perlu melakukan banyak hal. Meskipun bertindak lokal tetapi untuk menjawab tantangan dan untuk bersaing di pasar global, hal yang perlu dilakukan seperti:

1.Meningkatkat kualitas produk, ini berkaitan dengan upaya meningkatkan kualitas bahan baku, standar proses produksi, teknologi yang digunakan, kualitas hasil produksi (ukuran, rasa, warna, higienis, aman dan halal) serta kemasan produk.

2.Meningkatkan Daya Saing. Kualitas produk yang sudah baik harus dipertahankan, untuk meningkatkan daya saing harganya di pasar global. Daya saing harga, akan sangat tergantung dari kreatifitas dalam memilih komposisi bahan yang relative terjangkau, tanpa mengurangi kualitas.

3.Memperkuat Manajemen Bisnis. Manajemen bisnis diperlukan agar sebuah usaha tidak sembarangan, mampu melakukan perencanaan, menetapkan target-target yang diinginkan serta dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan sebuah resiko usaha bisnis.


Ari Purjianti Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Hapsari Kulon Progo menyampaikan, Produk Istimewa dari KSU Hapsari Kulon Progo, selain Bubuk kopi (Powder), juga memproduksi Teh Celuh, Teh Seduh.

(akhmad)