Pengukuran Lahan Bandara Demi Keadilan. Pemda Juga Siapkan Tempat Relokasi Sejak Dini.

  • 14 Januari 2016 11:29:32
  • 1380 views

Saat Mujahadah di Glagah, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampikan, terkait dengan proses pembangunan bandara, memang ada prosedur yang tidak bisa ditinggalkan. Salah satunya pengukuran lahan, dan kerto aji. Hal ini harus dilakukan, agar masyarakat dapat mendapatkan haknya secara adil.

"Menawi wonten prosedur ingkang kirang sekeco, atas nama Pemerintah Daerah , nyuwun pangapunten. Nanging prosedur itu untuk menegakkan keadilan dateng masyarakat sedoyo" kata Dokter Hasto (panggilan Bupati), Rabu (13/1/2016) malam kamis.

Dijelaskan, seperti beberapa minggu yang lalu ada tim, satgas yang mengukur lahan untuk bandara, hal tersebut salah satu wujud prosedur yang harus dilakukan, karena seperti halnya jika akan membeli barang orang lain maka harus ditimbang dahulu, agar adil. Kalau tidak ditimbang dahulu tidak adil.

"Untuk itu pengukuran tanah itu ibaratnya menimbang, agar dapat di kerto aji. minta doa , pangestu, atas kerjasama Satgas, Pemda, Jajaran Keamanan dan masyarakat, sudah dapat terlaksana" tambah Dokter Hasto.

Dokter Hasto juga mohon doa restu, di bulan April, Mei sudah dapat Appraisal Independen atau kerto aji. Jika kerto aji sudah dapat dilaksanakan di bulan Maret atau April, insyaalloh Angkasa Pura terhadap yang sudah selesai akan melaksanakan pembayaran, insyaalloh dimulai sekitar bulan mei.
Semua itu prosedur yang harus dilakukan.

Selanjutnya Pemda juga mengusahakan supaya saat menempati di tempat relokasi dapat disiapkan sejak saat ini.

"Matur nuwun dumateng pak Sekda, dan jajaran SKPD, juga didukung Kades dan perangkat desa yang sudah menyiapkan tempat untuk relokasi" kata beliau lebih lanjut.

Dijelaskan, tempat relokasi tidak jauh, karena ada tetap masih di satu dusun, desa atau masih satu kecamatan.

(akhmad)