Makam Girigondo Jadi Media Pendidikan Siswa

  • 06 Januari 2016 15:16:03
  • 1663 views

Makam Girigondo, selain untuk makam Raja dari Paku Alaman, keluarga, juga sebagai media pendidikan yang positif bagi siswa. Banyak nilai yang diambil manfaatnya bagi generasi penerus bangsa dengan mengunjungi makam. Hal ini yang sudah dilakukan oleh Kepala MI Maarif Sendang Kasmad Rifangi,M.Pd.I.

Kasmad menyampaikan, beberapa waktu yang lalu dengan mengajak sebanyak 30 siswa dan dewan guru MI Maarif mengadakan doa bersama dan tabur bunga. Selain mendoakan kepada para arwah yang dikebumikan, Kasmad juga menjelaskan kepada para siswa tentang sejarah tentang para pahlawan. Sehingga siswa dapat meneladani bagaimana perjuangan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia serta juga untuk memotivasi peserta didik.

 

Kegiatan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-70. Rangkaian kegiatan awal tahun 2016 siswa MI Maarif Sendang ini yaitu ditandai dengan pelaksanaan Upacara dalam rangka HAB Kementerian Agama ke-70 di Alun-alun Wates Minggu (3/1/2016) dengan inspektur upacara Bapak Bupati Kulon Progo.


Selanjutnya mengajak siswa melakukan tabur bunga, lomba keterampilan berbahasa seperti lomba menulis hasil dari pengamatan di makam tersebut, lomba keterampilan melaksanakan shalat wajib serta lomba menulis puisi.

Kegiatan ini dikemas dalam tema Membangun Calon Generasi Islam yang Unggul, Kompetitif, dan Berakhlakul Karimah sebagai Implementasi dari Cinta Terhadap Bahasa Indonesia dan IMPTAQ.

Rangkaian kegiatan ini juga dikemas dalam rangka penanaman pendidikan karakter dan penyemaian nilai-nilai Pancasila bagi peserta didik. Dengan tujuan jangka panjangnya adalah menyiapkan calon generasi Indonesia yang cerdas, unggul, dan mandiri, seperti halnya dalam visi dan misi dari Madrasah ini. Berbagai kegiatan dalam hal ini, juga dilaksanakan dalam rangka visualisasi/sosialisasi Madrasah Ibtidaiyah Unggulan. Ungkap kepala MI Maarif Sendang, Karangsari, Pengasih, Kasmad Rifangi, M.Pd.I.

Dengan belajar ditempat-tempat bersejarah dan indah seperti makam raja di Girigondo ini, siswapun merasa senang dan ceria.

(akhmad)