Panitia Manunggal Fair Datangkan Pesawat Marchetti

  • 30 September 2015 16:20:49
  • 4088 views

Memeriahkan ajang pameran Manunggal Fair/Kulon Progo Expo 2015 ini panitia mendatangkan sebuah pesawat Marchetti milik Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Yogyakarta serta mesin jet. Keberadaan pesawat buatan Italia ini telah berada di arena pameran tepatnya di sisi air mancur timur lapangan tenis.

            Menurut Mayor Suryono kedatangan pesawat Marchetti dan engine jet dari STTA Yogyakarta ini pada selasa (29/9) malam, yang akan turut memeriahkan selama berlangsungnya Kulon Progo Expo 2015 di Alun-alun Wates.

            "Kami diminta dari panitia pameran untuk turut serta memeriahkan pameran ini yang menampilkan pesawat Marchetti milik STTA Yogyakarta, serta mesin jet, yang diharapkan dapat memotivasi para pelajar di Kulon Progo untuk masuk di STTA atau mengetahui tentang pesawat atau penerbangan,"terang Mayor Suryono, Rabu (30/9) disela-sela mempersiapkan pesawat bersama 6 rekannya.

Mengutip situs sekolah STTA Yogyakarta bahwa keberadaan pesawat ini adalah  untuk kepentingan praktikum jurusan Teknik Penerbangan, sehingga TNI Angkatan Udara atau AU menghibahkan satu buah pesawat SF 260 atau Marchetti kepada Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto atau STTA Yogyakarta. Hadirnya pesawat tersebut diharapkan memacu kegiatan akademik sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Sebelum dihibahkan ke STTA, pesawat Marchetti tersebut digunakan untuk latihan para pilot TNI AU. Marchetti dibuat di Italia, dan digunakan TNI AU sejak tahun 2002 dan merupakan pesawat hibah dari AU Singapura, yang semuanya berjumlah 19 pesawat.

Pesawat Marchetti termasuk dalam kategori pesawat ringan dengan berat maksimum 1102 kilogram, dan berkapasitas 2 penumpang. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan jelajah maksimum 330 Km/jam, pada ketinggian jelajah 10.000 kaki. Marchetti digunakan oleh banyak negara sebagai pesawat latih, bahkan ada yang menggunakan untuk latih tempur.