Kontes Ternak Kambing PE dan Sapi Putih

  • 30 September 2015 14:34:46
  • 1770 views

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Kepenak) kembali akan menyelenggarakan Kontes Ternak Kambing PE dan Sapi Putih yang memperebutkan Trophy bergilir Bupati Kulon Progo. Event yang memasuki tahun kedua ini akan digelar Rabu (7/10) mendatang di Lapangan Pengasih mulai pukul 07.00 WIB.

            Hal tersebut dikatakan Kabag TI dan Humas Setda Rudy Widiyatmoko,S.Sos, Rabu (30/9) usai mengikuti rapat persiapan yang digelar di Dinas Kepenak Pengasih. Pendaftaran peserta telah berlangsung sejak 21 September sampai 6 Oktober mendatang di Bidang Peternakan Dinas Kepenak Kulon Progo di Pengasih.

            Menurut Rudy kategori ternak yang dikonteskan meliputi Kambing PE Pejantan, calon pejantan, induk dan calon induk. Sedangkan untuk kategori Sapi PO (Peranakan Ongole) meliputi Sapi PO induk, calon induk.

            Sedangkan Kepala Bidang Peternakan Dinas Kepenak Kulon Progo Ir.Nursyamsu Hidayat menambahkan untuk penilaian juri akan melibatkan dari Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta.

"Ketentuan kontes ternak ini untuk Kambing PE maupun sapi PO wajib dipelihara oleh peternak minimal 6 bulan yang ditunjukkan dengan surat keterangan dari ketua kelompok di wilayah Kulon Progo. Kalau bukan asli milik peserta maka akan diskualifikasi, kemudian memenuhi syarat kuantitatif dan kualitatif serta tidak cacat, untuk pejantan dewasa umur poel 2-3 pasang, calon pejantan umur poel minimal setengah pasang maksimalnya 1 pasang, induk dewasa umur poel 2-3 pasang, calon induk umur poel minimal setengah pasang dan maksimal1 pasang dan peserta baik kambing PE maupun sapi PO berasal dari Kulon Progo,"terangnya.

Hadiah yang disediakan untuk kategori kambing PE ini berupa kambing bligon betina, Trophy dan sertifikat. Pemenang jauara 1 untuk kambing pejantan PE akan mendapat kambing, piala bergilir Bupati Cup dan sertifikat, sedangkan hadiah kategori sapi PO berupa kambing bligon jantan, trophy dan sertifikat.