Perpustakaan Jadi Tempat Wisata Edukasi Yang Menarik

  • 23 September 2015 13:02:57
  • 2709 views

Perkembangan minat baca dan pemanfaatan Perpustakaan di Kulon Progo semakin menggembirakan, hal ini tidak lepas dari berbagai usaha yang dilakukan agar perpustakaan semakin representatif. Semenjak menempati gedung baru di Jalan Sugiman pada tanggal 10 Agustus 2015, jumlah anggota barupun semakin bertambah.

"Dahulu, biasanya dalam sehari, pendaftar anggota baru paling hanya sekitar 5-10 anggota. Sekarang semakin bertambah, bahkan kadang melayani 25 anggota baru" kata Kepala Seksi Pembinaan dan Pelayanan Perpustakaan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo Drs.Surahmanto, Selasa (22/9).

Surahmanto menjelaskan peningkatan anggota ini, selain karena letak gedung baru lebih strategis, dekat jalan raya, dekat kampus, ruangan perpus juga lebih luas dan lebar, sehingga pengunjung tidak berdesakan seperti di tempat yang lama.

Disamping itu ada trend yang cukup menarik, yaitu adanya kunjungan dari PAUD dan TK untuk mengenal Perpus dan adanya trend orang tua mengajak anaknya pada hari minggu ke Perpus, sebagai tempat wisata edukasi mendidik anak-anak.

Adapun untuk layanan perpustakaan adalah: Hari Senin s.d Kamis mulai jam 07.30 s.d 15.30 WIB. Hari Jumat mulai jam 07.30 s.d 15.15 WIB dengan jam istirahat jam 11.30 s.d 13.00 WIB. Hari Sabtu dan Minggu, buka mulai jam 09.00 s.d 14.00 WIB. Sedangkan untuk hari libur nasional tutup.

Untuk kenyamanan pengunjung, di Perpustakaan ini disediakan Wifi, Ruang baca yang luas, koleksi yang lengkap, parkir yang luas disebelah gedung, dan ruangan ber AC.

"Untuk AC meskipun saat ini sudah ada, tahun depan akan di tambah agar lebih nyaman" Jelas Surahmanto.

Ditambahkan kedepan Perpustakaan masih akan terus berbenah untuk menyajikan layanan yang lebih baik.

Kenyamanan Perpustakaan baru ini juga dibenarkan oleh Yuni Setyowati (23 th) warga Tigaron Rt.15/05 Kulur Temon.

"Gedung disini Lebih luas, Nyaman dan banyak refensinya. Letaknya juga strategis, daripada kantor yang lama yang sempit untuk parkir dan ruang bacanya" kata Yuni yang saat ini berstatus Mahasiswi UNY S1 Akuntansi saat dimintai tanggapannya.

Dengan lokasi gedung baru yang bersebelahan dengan Gedung DPRD Kabupaten Kulon Progo dan Taman Wana Winulang yang stategis, semakin mudah diakses oleh masyarakat. (at)