Pelepasan 244 Calon Jamaah Haji

  • 30 Agustus 2015 07:56:27
  • 1810 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo bersama forkompimda lepas 244 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kulon Progo.

"Kami doakan semoga menjadi Haji yang bisa membawa kebaikan, haji yang mabrur" kata dokter Hasto saat melepas CJH.

Disampaikan bahwa dalam melaksanakan ibadah harus dilakukan dengan keikhlasan yang tinggi, hanya karena Alloh SWT, dan haji merupakan saat yang tepat sebagai ujian diri dan batiniah.

"Banyak-banyaklah mengerti jamaah lain, dan jangan meminta jamaah lain mengerti kita. Insyaalloh Alloh akan mengerti kita" pesan beliau lagi.

Untuk itu tidak perlu memaksakan kehendak kepada orang lain, dan justru harus berusaha membantu lancarnya jamaah lain dalam beribadah.

dokter Hasto berpesan, agar jamaah mempersiapkan diri dengan kondisi cuaca di Makkah yang berbeda dengan di Kulon Progo. Kepada jamaah juga dimohon untuk selalu menjaga nama baik Indonesia, Yogyakarta dan Kulon Progo. 

Disamping itu juga mohon didoakan agar masyarakat yang tinggal di Kulon Progo selalu mendapatkan ketentraman, keselamatan, dan mohon didoakan agar proses pembangunan yang ada di Kulon Progo dapat berjalan lancar.

Atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat, Bupati menyampaikan turut mendoakan agar seluruh CJH saat melaksanakan rukun haji, dapat berjalan dengan aman.

Kepala Kementerian Agama Wates Drs.H.Edhi Gunawan menyampaikan pada tahun 2015 M/ 1436 H ini CJH dari Kulon Progo sebanyak 244 jamaah, 110 jamaah laki-laki, dan 134 jamaah haji perempuan. Termuda usia 28 tahun 4 bulan dari Kalibawang, tertua 81 tahun 3 bulan dari Sentolo.

Berangkat dari Kulon Progo, hari ini Minggu (30/8) dari Masjid Agung Kulon Progo menuju Asrama Haji Donohudan solo. Dengan menggunakan kendaraan sebanyak 6 Bus.

Kemudian terbang dari Solo dengan pesawat, Senin (31/8) pukul 09.00 masuk Kloter 28 SOC, bersama CJH dari Sleman sebanyak 107 jamaah.

"Akan kembali pada tanggal 9 Oktober 2015" kata Drs.H.Edhi Hunawan.

Selama di Makkah akan menginap di maktab 52, jarak penginapan dengan Masjidil Haram sejauh 2 Km.

Saat pelepasan CJH, keluarga jamaah dan ribuan masyarakat Kulon Progo, antusias melepas keberangkatan CJH dengan berkumpul dihalaman Masjid Agung Kulon Progo. Meskipun hanya dengan lambaian tangan, masyarakat tampak bahagia melepas keberangkatan CJH. Acara pelepasan berlangsung lancar, meskipun masyarakat memadati halaman Masjid dan jalan. (akhmad)