Narapidana Rutan Wates Terima Remisi

  • 17 Agustus 2015 09:43:49
  • 2182 views

Bertepatan dengan Peringatan HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan RI, Menteri Hukum dan HAM RI beri remisi kepada Warga Binaan (wabin) Pemasyarakatan Rutan Negara Kelas IIB Wates. Penerima Remisi Umum 7 (tujuh) wabin, dan Remisi khusus kepada 21 (dua puluh satu) wabin (Remisi RK I =17 wabin, RK II =4 wabin).

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) selaku inspektur upacara, membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly, dan menyerahkan pemberian remisi kepada narapidana yang menjadi wabin.

Dalam sambutan ini disampaikan, bahwa sesuai dengan paradigma pemerintahan yang baru menuntut kerja nyata pemimpin yang diarahkan kepada kegiatan-kegiatan kreatif, inovatif, orientasi kepentingan masyarakat.

Remisi hanya untuk nara pidana yang berkelakuan baik. Dengan pemberian remisi dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dalam kehidupan masyarakat, agar narapidana mempunya kesempatan untuk menginternalisasikan nilai-nilai masyarakat secara tepat.

"Percepatan kembalinya narapidana dalam kehidupan masyarakat juga akan memperbaiki kualitas hubungan antara narapidana dan keluarganya. Karena bagaimanapun seorang narapidana adalah bagianyang tak terpisahkan dari keluarga. Narapidana mempunyai kewajiban untuk menjalankan perannya sebagai anggota keluarga, sehingga tercapai tujuan dari Sistem Pemasyarakatan" demikian sambutan yang dibacakan dokter Hasto.

Pemerintah memberikan penghargaan bagi mereka yang telah dapat mencapai penyadaran diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku. Yang terukur dan memenuhi syarat, baik secara administratif maupun substantif.

Remisi ini diharapkan akan memberikan kesadaran untuk selalu berbuat baik dan berperan aktif dalam pembangunan di masyarakat. Sedangkan bagi yang belum memperoleh remisi karena belum memenuhi persyaratan, diminta untuk bersabar dan terus memperbaiki diri agar pada kesempatan berikutnya dapat menikmati hal yang sama. (akhmad)