Peringatan HUT RI 70 Bupati Lepas Merpati

  • 17 Agustus 2015 08:16:17
  • 1801 views

Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo menjadi Inspektur Upacara Bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 Tingkat Kabupaten Kulon Progo, Senin (17/8) di Alun-alun Wates. Ribuan peserta mengikuti upacara ini yang terdiri dari Pasukan TNI, POLRI, SATPOL PP, Hansip, KORPRI, PNS, PGRI, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa, Pelajar, PMR dan Pramuka. Ratusan undangan juga terlihat antara lain Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Para Veteran, Pimpinan Perguruan Tinggi,  Tokoh Masyarakat di wilayah Kabupaten Kulon Progo, di luar alun-alun juga terlihat warga masyarakat menyaksikan upacara ini dengan tertib.

Bertindak sebagai komandan upacara Kapten Inf. Winarto dari Kodim 0731 Kulon Progo, dan Komandan Paskibraka Letda Kal. Muhammad Bimatama, SE dari Sat Radar 215 Congot. Paskibraka dikawal oleh anggota Kodim 0731 Kulon Progo, Sat Radar 215 Congot, Polres Kulon Progo dan Den Pelopor B Satbrimob Sentolo. Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih terdiri dari Pasukan 17 beranggotakan siswa-siswi sekolah menengah atas di Kabupaten Kulon Progo, dengan Komandan Hayyu Rizky Timor, dari SMAN I Temon. Pembawa bendera Khuzna Putri Izzatul Khusnaini siswi SMA N I Pengasih dan petugas pengibar bendera Candra Cahyadi dari SMAN I Temon, Rahesa Wira Pandya Permana dari SMA N 1 Pengasih serta Enggar Lukita Aji dari SMAN I Pengasih.

Usai upacara, Bupati Kulon Progo juga menyematkan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya secara  simbolis kepada para PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan kriteria kategori Tanda Kehormatan 30 Tahun, 20 Tahun dan 10 Tahun.

Di akhir upacara para prajurit dari Kodim 0731 ikut memeriahkan dengan tarian kolosal yang menggambarkan perjuangan Nyi Ageng Serang, pahlawan dari Kulon Progo, dalam mengusir penjajah. Di akhir tarian, Bupati, Wakil Bupati dan Forkompinda melepaskan 70 pasang burung merpati sebagai tanda peringatan 70 tahun RI dan ajakan kepada masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati. Burung-burung merpati tersebut hidup bebas di sekitar Alun-alun Wates.

Sebelumnya, juga diadakan upacara di halaman Kantor Pemkab Kulon Progo yang diikuti para aparatur kabupaten. Dalam upacara tersebut juga diserahkan penghargaan kepada pemenang Anugerah Lomba Iptek Kreanova Menoreh ke 2 tahun 2015 untuk pelajar dan umum. Dari kategori pelajar peraih juara I adalah Zahra Izzatunnisa dengan judul penelitian Ramuan Herbal Penurun Kadar Gula Darah memperoleh piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta, juara 2, Heni Rahmayanti dan Indah Pratiwi dengan judul penelitian Pembuatan Brownis Ikan Lele sebagai Salah Satu Makanan Kaya Protein, dan juara 3, Rahmat Hermawan dan Syahrul Indra Prastika dengan judul penelitian Proses Elektrolisis untuk pengambilan logam berat dari limbah padat hasil tambang emas di Kokap, Kulon Progo. Sedangkan untuik kategori umum, juara 1 adalah Marwiyah dengan judul penelitian Kopi Moka Menoreh, Juara 2 Tumijo dengan judul penelitian Alat Penenun Ganda, dan Juara 3 Agung Pujiharjono, dengan judul penelitian Aplikasi Pemanfaatan media pembelajaran untuk memotivasi dengan pemanfaatan bahan baku lokal daerah.***