Doorprize Jerami Meriahkan Acara 17-an

  • 16 Agustus 2015 14:14:34
  • 2509 views

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, berbagai kelompok masyarakat menyelenggarakan kegiatan untuk memeriahkan acara rutin tahunan ini. Tidak ketinggalan warga masyarakat di pedukuhan Blumbang desa Karangsari kecamatan Pengasih. Hampir seluruh warga di pedukuhan tersebut turut serta dalam Jalan Sehat memeriahkan HUT ke70 Kemerdekaan RI yang digelar Minggu pagi (16/8). Kepala Dukuh Subandiyo mengunting pita sebagai tanda dimulainya jalan sehat di lapangan Banaran yang menempuh 5 Km mengelilingi wilayah dukuh tersebut dan kembali lagi di lapangan yang sama.

                Setelah selesai jalan sehat, dilanjutkan acara pembagian doorprize yang tersedia hampir separuh dari semua peserta. Selain disediakan hadiah televisi warna, kipas angin, setrika dan ratusan doorprize. Uniknya dari ratusan doorprize ini, juga tersedia puluhan ikatan jerami seperti yang dijual di pinggir-pinggir jalan.

                Menurut Subandiyo, ratusan hadiah ini selain dari warga masyarakat sendiri, donatur, sponsor, juga warga perantauan di Jakarta dan dukungan mahasiswa KKN UGM. Warga ada yang memberikan doorprize jerami karena kebanyakan warga memelihara ternak sapi, sehingga dapat membantu untuk pakan ternaknya.

                Hal senada dikatakan Heri Widada, salah satu warga yang memberikan doorprize jerami, mengatakan bahwa hadiah doorprize sudah ratusan yang umum seperti alat rumah tangga, saya ingin sesuatu yang juga bermanfaat terutama bagi para orang tua yang sering harus membeli pakan ternak seperti jerami ini.          

                "Warga di Blumbang masih banyak yang memelihara Sapi, bahkan harus membeli jerami, kenapa tidak di kasih doorprize jerami saja dalam jalan sehat 17-an pasti sangat membantu, toh kalau yang dapat anak-anak kemudian tidak punya sapi bisa dijual lagi ke warga lainnya dan pasti laku, warga lain bahkan minta juga ada rumput kolonjono, tidak hanya jerami saja,"terang Heri.

                Paryono salah satu warga yang meraih dooprize jerami merasa bersyukur karena dapat mengurangi pembelian pakan ternak. "Lumayan dapat doorprize rumput jerami, ngirit Rp.10.000,-  dan tidak sia-sia ikut jalan sehat hari ini, meskipun tidak dapat TV atau yang lainnya,"terangnya.