Workshop Pemberdayaan TKI Purna

  • 14 Agustus 2015 11:18:07
  • 1627 views

Dalam rangka pemberdayaan TKI Purna di Kabupaten Kulon Progo, BNP2TKI bersama Pemkab Kulon Progo gelar Workshop Pemberdayaan TKI Purna Tahun 2015. Bertempat di Gedung Kaca, Jumat (14/8/2015).

Acara dalam workshop ini, antara lain: Edukasi Kewirausahaan yang disampaikan oleh Dra.Ari Rusmaryani Kepala Seksi Kelembagaan BP3TKI, Peninjauan Stand Pameran Wirausaha TKI Purna oleh Bupati dan rombongan, Laporan penyelenggara oleh Suparjo,SH Kepala BP3TKI Yogyakarta, Sambutan Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), sambutan Deputi Perlindungan BNP2TKI Dr.Lisna Yoelani Poeloengan, Penandatanganan naskah kesepahaman antara BNP2TKI dengan Pemkab Kulon Progo.

Dilanjutkan acara dialog atau temu wicara keluarga TKI dengan narasumber Deputi Perlindungan BNP2TKI, dengan moderator Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo.

Kepala BP3TKI Yogyakarta Suparjo,SH menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mendorong, meningkatkan atau menguatkan usaha TKI Purna dalam Pengembangan Produk Lokal di Kabupaten Kulon Progo.

"Ini dilaksanakan di Kulon Progo karena Kulon Progo merupakan kabupaten yang banyak potensi TKI Purna dan yang semangat TKI Purnanya" kata Suparjo,SH

"Dalam tiga tahun ini lebih dari 3.000 (tiga ribu) orang TKI ke Luar Negeri. Setiap tahun mengirimkan uang ke Kulon Progo lebih kurang Rp. 94 M (sembilan puluh empat miliar)/ tahun. Ini perlu didorong untuk berwirausaha dan lebih berdaya guna di masyarakat setelah dari luar negeri. Ini penting TKI agar TKI Purna tidak kembali lagi ke luar negeri, tapi mampu berwirausaha" tambah beliau.

Dra.Ari Rusmaryani Kepala Seksi Kelembagaan BP3TKI kepada para TKI Purna yang hadir menyampaikan materi Edukasi Kewirausahaan, kiat-kiat berwirausaha, dan berbagai hal untuk meningkatkan wawasan dan semangat TKI Purna untuk berwirausaha. (akhmad)

Salah satu stand TKI Purna