Bupati Launching Tabungan Emas Pegadaian untuk Area DIY

  • 14 Agustus 2015 07:21:02
  • 3668 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) Launching Tabungan Emas Pegadaian untuk area DIY. Launching dilakukan dengan pengguntingan pita secara bersama-sama oleh Bupati dengan Inspektur Wilayah Semarang Sri Jati Purwaningsih,MM, di Gedung Kaca, Kamis (13/8).

Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas.

Launching dilakukan disela-sela Seminar "Kiat Sukses UMKM Bersama Pegadaian" yang dilaksanakan bekerjasama antara PT.Pegadaian (Persero) Area Yogyakarta dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kulon Progo.

Seminar selain diisi Deputi Bisnis Pegadaian Area Yogyakarta M.R.Anna Savitri,SE,MM yang berbicara terkait produk-produk di pegadaian. Dilanjutkan oleh Bupati Kulon Progo sekaligus narasumber yang berkaitan dengan Bela Beli Kulon Progo dan beberapa kiat agar pelaku UMKM bersemangat dalam berusaha, untuk hadapi MEA.

Dilanjutkan Kiat-kiat sukses UMKM yang disampaikan oleh Yoeannie Astomo,MBA, seorang Praktisi & Motivator UMKM.

M.R.Anna Savitri menyampaikan bahwa pegadaian saat ini dengan slogan Pegadaian Serba Bisa , memiliki berbagai produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan para pelaku UMKM. Produk-produk tersebut seperti : Gadai (emas/Kendaraan bermotor/elektronik), Gadai BPKB, Penjualan Emas Batangan (Tunai/Angsuran/Arisan), Pembayaran tagihan (Listrik/telepon/suzuki Finance), Pembelian Pulsa, Pengiriman uang, dan Pembiayaan Kendaraan Bermotor.

Tujuan diselenggarakan seminar yang diikuti oleh sekitar 150 peserta ini adalah untuk memperkenalkan diri kepada UMKM dan masyarakat Kulon Progo, bahwa pegadaian saat ini meluncurkan produk baru yang bisa diakses.

"Kebetulan di Kulon Progo ini kami lihat banyak sekali kegiatan UMKM yang juga membutuhkan dana untuk memperbesar produksi barang-barangnya, untuk memasarkan dan sebagainya" tambah savitri.

Kemudian pegadaian mempunyai misi juga untuk mengembangkan perekonomian masyarakat, salah satu misi yang ditugaskan oleh pemerintah. Sehingga pegadaian juga bertugas membantu pelaku UMKM agar bisa mandiri secara pemikiran, dan lebih berkreatif.

"Sehingga kami mengundang juga pakar tentang bagaimana memotivasi orang supaya bisa bekerja lebih baik, inspiring motivation " tambah beliau.

Sri Jati Purwaningsih,MM menyampaikan, Pegadaian hadir ditengah masyarakat, Produk UMKM mampu didorong, meberikan solusi UMKM dalam mendapatkan permodalan.

Sri Jati menilai, UMKM merupakan pilar utama masyarakat Indonesia. Maka tepat bila diberikan untuk tambahan wawasan pada pelaku UMKM. Bagaimana memasarkan produk, ini tidak bisa lepas dari bimbingan.


Dokter Hasto juga menyampaikan, peran UMKM sangat penting, dalam mensejahterakan masyarkat. Untuk meningkatkan keberhasilan pekerjaan atau kinerja, dokter Hasto menyampaikan bahwa hal tersebut juga tergantung pada hati dan pikiran kita masing-masing.

"Jika semangat tinggi, anda tidak akan capek. Jika tidak kita hidupkan hati, pikiran dan perasaan maka kita akan mudah capek" tandas dokter Hasto
Kepada pelaku UMKM dokter Hasto juga berpesan agar tetap semangat dengan cita-cita yang setinggi-tingginya, selalu tekun, jangan mudah menyerah, dan mau memanfaatkan setiap waktu dan peluang dengan sebaik-baiknya, jangan suka hidup boros.

"Jangan sampai durung pecus keselak besus. Jika pelaku UMKM menghayati kemiskinan, maka kemiskinan akan cepat teratasi. Kalau hanya ingin penampilan, maka kita tidak akan maju" tambah beliau. (akhmad)