Jamaah Haji Kulon Progo Tempati Maktab 1,5 Km dari Masjidil Haram

  • 11 Agustus 2015 11:29:14
  • 1929 views

Ratusan Calon Jamaah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Kulon Progo tahun 1436 H/2015 M berpamitan kepada Pimpinan Daerah Kulon Progo di Gedung Kaca, Wates, Selasa (11/8). Tercatat sejumlah 244 calhaj berasal dari Kulon Progo yang memenuhi syarat akan segera berangkat beribadah ke Tanah Suci. Dari 244 calhaj tersebut 110 orang diantaranya pria dan 134 orang perempuan. Jajaran Forkopimda Kabupaten Kulon Progo, Kepala Dinas/Instansi terkait, turut hadir dalam acara itu.

Menurut Sekretaris Daerah Kulon Progo, RM Astungkoro, yang pada kesempatan tersebut mewakili Bupati, kesempatan berhaji harus disyukuri, karena tidak semua umat Islam diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

"Calon haji adalah orang-orang yang terpilih oleh Allah SWT untuk memenuhi panggilannya untuk itu harus disyukuri dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik baiknya, jadikanlah kesempatan yang mungkin tidak terulang lagi," pesan Astungkoro.

Astungkoro juga meminta kepada calon jamaah haji untuk senantiasa mendoakan Kabupaten Kulon Progo tercinta ini senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT agar terbebas dari bencana. Hal ini mengingat doanya para jamaah haji sangat mustajabah

"Maka saya mohon kepada Bapak/Ibu jamaah haji, selain berdoa untuk diri sendiri dan keluarganya, juga berkenan untuk berdoa demi kepentingan masyarakat Kabupaten Kulon Progo," pinta Astungkoro.

Menurut Johar Mustofa, Kasubag TU Kemenag Kulon Progo yang memberikan laporan tentang penyelenggaraan haji Kulon Progo, sebagian besar jamaah tahun ini adalah PNS/TNI dan Pegawai BUMN sejumlah 96 orang dan diikuti pensiunan sejumlah 57 orang.

Para calhaj Kulon Progo tergabung dalam kloter 28 SOC, dengan rencana keberangkatan hari Ahad (30/8) dan kembali ke tanah air, Jumat tanggal (9/10). Para calhaj ini diberangkatkan pukul 06.00 pagi dari Masjid Agung Kulon Progo menuju Asrama Haji Donohudan Solo.

Jamaah dari Kulon Progo akan menempati maktab di wilayah Jarwal yang kurang lebih berjarak 1,5 km dari Masjidil Haram. Ditambahkan Johar, Jarwal berlokasi di arah barat Masjidil Haram. Jamaah tertua adalah Ispandi Resodinomo (81) dari Pongangan, Sentolo dan termuda Fendi Wijaya Hery Setiyanto (28) dari Banjarharjo, Kalibawang.

Sementara itu, wakil jamaah yang berpamitan, HR Buko Suroto menjelaskan bahwa jamaah haji kali ini banyak yang sudah berusia lanjut. Usia di bawah 40 tahun ada 18 orang dan di atas 50 tahun ada 190 jamaah. Diperkirakannya ke depan usia ini mungkin akan lebih tua karena untuk melaksanakan ibadah haji antriannya bisa lebih dari 16 tahun.

"Kami mohon doa dari bapak/ibu sekalian dengan kehendak Allah SWT agar kami seluruh jamaah haji ini bisa lancar menjalankan ibadah selama di Tanah Suci. Dan juga kami dapat kembali lagi di tengah keluarga di Kulon Progo dengan selamat dan memperoleh haji mabrur," tutur Buko Suroto.***