Safari Tarawih Dimulai

  • 23 Juni 2015 10:47:02
  • 1645 views

PemKab Kulon Progo tahun 2015 M/ 1436 H laksanakan Safari Tarawih. Dilakukan sebanyak 14 kali putaran, mulai Senin (22/6) di Gedung DPRD, dilanjutkan di 12 Kecamatan, dan terakhir dilaksanakan Rabu,(15/6) di Rumah Dinas Bupati.

Pembukaan safari di Gedung DPRD dihadiri oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, Forkompinda, Pimpinan SKPD, Tim Penggerak PKK dan beberapa elemen masyarakat.

Drs.Riyadi Sunarto, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, selaku ketua panitia safari tarawih menyampaikan, maksud dan tujuan safari tarawih ini sebagai sarana upaya meningkatkan iman taqwa sekaligus menjalin silaturahmi antara Pemkab Kulon Progo dan Forkompimda dengan masyarakat.

"Setiap pelaksanaan safari akan diserahkan bantuan Rp. 2,5 juta dari Bazda dan CSR kepada masjid yang ditempati" kata Drs.Riyadi, Senin (22/6) saat pembukaan safari.

Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati menyampaikan banyak manfaat terkait safari tarawih ini, 1).Safari dapat menjadi ajang silaturahmi dan mengenal lebih jauh antara Pemda dan masyarakat, 2).Safari menjadi media penyampaian informasi keberhasilan pembangunan dan program pembangunan yang akan dilaksanakan kepada masyarakat. 3).Safari bisa sebagai wadah nampung aspirasi dan harapan masyarakat meski sudah banyak media dan momentum yang dapat digunakan.

"Namun pertemuan dalam wadah safari memiliki aura dan suasana kebatinan yang berbeda, karena diawali oleh kepentingan dalam mengupayakan derajat taqwa, yakti berpuasa bersama, berbuka bersama, ibadah shalat isya, tarawih dan witir berjamaah baru kemudian dilanjutkan dengan berdiskusi dalam hasrat epistemic untuk memikirkan persoalan-persoalan sosial dan kebutuhan pembangunan Kulon Progo khususnya dan Indonesia pada umumnya" kata Akhid Nuryati.

Dalam kesempatan ini, Bupati mengajak kepada jamaah safari untuk terus belajar, karena bulan ramadhan juga merupakan bulan tarbiyah.

"Sempatkanlah waktu meski sedikit untuk membaca" kata Bupati.

Bulan puasa juga sebagai napak tilas, mengukur dan instropeksi diri. Apalagi seperti pejabat yang dipilih rakyat, yang sebelumnya memberikan janji-janji didepan rakyat. janji disaksikan orang banyak.

"Kita mengemban amanah, Mari kita luruskan niat, sempurnakan ikhtiar untuk jalankan amanah. Untuk mencapai keikhlasan sejati, kita harus terus belajar bersama" kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengapresiasi DPRD Kulon Progo yang sudah bekerjasama baik dengan Pemkab sehingga beberapa Perda berhasil disahkan. (at)