Bupati Tandatangani MoU dengan UPN dan STIKES

  • 18 Juni 2015 13:41:19
  • 1670 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) bersama Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta Prof.Dr.Ir.Sari Bahagiarti K.,M.Sc bertempat di Rumah Dinas Bupati, Kamis (18/6/2015) melakukan penandatanganan MoU.

Mou ini berisi tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, pengkajian dan penelitian serta pengabdian masyarakat dalam rangka pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia guna peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kulon Progo, sesuai dengan tugas dan fungsi serta wewenang masing-masing.

Kerjasama didasari keinginan bersama untuk saling membantu dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengelolaan sember daya alam dan sumber daya manusia guna mencapai kesejahteraan masyarakat.

Selain dengan rektor UPN "Veteran", dalam kesempatan tersebut Bupati juga melakukan penandatanganan dengan Ketua STIKES Wira Husada Yogyakarta Prof.H.Sugeng Juwono Mardihusodo,dr.DAP&E,M.Sc. Seusai penandatanganan dr.Hasto menyerahkan cinderamata Batik Geblek Renteng kepada Prof.Sari dan Sugeng Juwono, selanjutnya Prof.Sari menyerahkan plakat dan buku terkait UPN "Veteran" kepada dr.Hasto.

dr.Hasto menyampaikan terimakasih kepada Prof.Sari, karena dengan kerjasama ini akan dapat semakin mengembangkan potensi yang ada di Kulon Progo.

Kepada Sugeng Juwono, dr.Hasto menyampaikan terimakasih, karena saat mahasiswa STIKES Wira Husada melakukan praktek di Kulon Progo, mahasiswa tersebut sekaligus melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kulon Progo. Sehingga kedua belah pihak saling mendapatkan manfaat.
Prof.Sari Bahagiarti menyampaikan, LPPM UPN "Veteran" akan melakukan beberapa pengabdian masyarakat dan penelitian, antara lain tentang Tata Kelola Pertambangan, Penataan Kelembagaan UMKM, Bimtek Potensi, Rekayasa Pengeringan Cabai.

"Tahun ini dan tahun depan KKN juga untuk pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan wisata" kata Prof.Sari.

Bisa kembangkan geo heritage, Pengembangan kuliner dan pengelolaan berbasis pertanian di Kulon Progo.

Prof.Sari juga menceritakan, sejak tahun 2000-an sudah kerjasama dengan Kulon Progo, seperti Pengelolaan dan Penanganan Longsor, Pelatihan kepada masyarakat dan Pemetaan Daerah Longsor.

Sugeng Juwono menyampaikan terimakasih karena Kulon Progo menerima kerja praktik mahasiswanya dan warga Kulon Progo menerima dengan baik.

dr.Hasto dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, kawasan Goa Kiskendo juga sedang dilakukan pemanfaatan tidak sekedar geo heritage tapi juga pengembangan wisata. Di Kulon Progo juga memiliki potensi pertambangan seperti Mangan, Kuarsa, Batu bara, Emas, Andesit.

Dalam penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA Triyono,SIP,MSi Staf Ahli Bupati, serta beberapa Kepala SKPD terkait.(at)