Komunitas Bule Mengajar Undang 22 Mahasiswa Asing Ke Kulon Progo

  • 04 Juni 2015 23:50:45
  • 4400 views

Komunitas Bule Mengajar merupakan komunitas yang didirikan oleh pemuda - pemudi kabupaten Kulon progo, komunitas ini mempunyai visi untuk memperkenalkan Kulon Progo kepada warga negara asing dengan cara mendatangkan mereka ke Kabupaten Kulon Progo. Pada Bulan Maret 2015 komunitas ini berhasil mendatangkan 9 warga negara jepang mengunjungi SMP N 1 Wates dan beberapa daya tarik wisata di Kulon Progo.

Kali ini, pada hari Sabtu tanggal 06 Juni 2015, Komunitas Bule Mengajar kembali mengundang 22 warga negara asing yang berasal dari Thailand dan Swedia. Mereka adalah mahasiswa pertukaran pelajar (exchange student) di Fakultas Kedokteran UGM. Mereka akan mengunjungi Pantai Glagah pada pukul 09.30, kemudian pada pukul 12.00 mereka akan mengunjungi SMA N 2 Wates. Ini merupakan kali kelima Komunitas Bule Mengajar mengundang warga negara asing ke SMA N 2 Wates. Di SMA N 2 Wates, para mahasiswa tersebut akan berbagi pengetahuan dan pengalaman terutama mengenai budaya mereka kepada siswa. Pihak sekolah menyambut baik dengan mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi dan mempersiapkan ruang kesenian. Setelah mengunjungi sekolah, mereka akan mengunjungi Kallibiru pada pukul 14.30.

22 mahasiswa terebut terdiri dari 10 orang mahasiswa dari Universitas Naresuan Thailand, 10 orang dari Universitias Mahidol Thailand, dan 2 orang mahasiswa dari Universitas Linkoping Swedia. UGM mempersiapkan prasarana transportasi kepada para mahasiswa dari Jogja ke Kulon Progo hingga kembali ke Jogja. Mereka ingin datang ke Kulon Progo karena mereka tertarik dengan objek wisata di Kulon Progo.

Komunitas Bule Mengajar telah mendatangkan 36 warga negara asing dari 16 negara dan telah bekerja sama dengan 7 sekolah, yaitu SMA N 1 Wates, SMA N 2 Wates, SMA N 1 Pengsih, SMK Kesehatan CSI, SMP N 1 Wates, SMP 2 Wates, dan SMP 4 Wates. Disamping bekerja sama dengan sekolah-sekolah kerja sama di Kulon Progo, komunitas Bule Mengajar bekerja sama dengan Khiri Travel dari Belanda, Wake Up Homestay Yogyakarta, dan Alternative Project dari Jepang.

Kami berharap melalui kegiatan yang dilakukan Komunitas Bule Mengajar selain membantu mengenalkan Kulon Progo juga membantu para siswa maupun masyarakat untuk lebih berani menggunakan bahasa asing terutama bahasa inggris. Selain itu, harapan ke depan akan semakin banyak volunteer terutama pemuda pemuda asli Kulon Progo bergabung dalam komunitas ini sehingga dapat membantu mempromosikan Kulon Progo kepada dunia.

Untuk keterangan dan informasi terkait dengan kegiatan Komunitas Bule Mengajar, bisa menghubungi Public Relations kami via email bulemengajar@gmail.com , Facebook fanpage Bule Mengajar, akun twitter @bule_mengajar atau di nomor telepon 087739349224 atas nama saudari Lia Andarina Grasia (Founder/Ketua)