Bupati Pimpin Upacara Penutupan TMMD

  • 27 Mei 2015 12:43:44
  • 1691 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) Pimpin Upacara Penutupan TMMD Reguler ke-94 dan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2015, bertempat di Lapangan Donomulyo Nanggulan, Rabu (27/5).

Dalam kesempatan tersebut Bupati membacakan sambutan tertulis dari Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Bayu Purwiyono yang menyatakan, pelaksanaan kegiatan operasional TMMD serta berbagai bentuk karya bhakti TNI lainnya, pada dasarnya mempunyai sasaran untuk memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat dan seluruh komponen bangsa lainnya, menumbuhkan semangat gotong royong, meningkatkan pemberdayaan masyarakat pedesaan serta mempercepat akselerasi pembangunan di daerah.

Pasiter Kodim 0731/Kulon Progo Kapten Cpl Wasito yang juga selaku Koordinator Lapangan Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2015 Kabupaten Kulon Progo menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan selama 21 hari tmt 7 s.d 27 Mei 2015, dengan lokasi di Donomulyo Nanggulan.

Dengan melibatkan personil: Kodim 0731/KLP (30 orang), Satradar 215/Congot (3), Kanminvetcad IV/17 (2), Polres Kulon Progo (15), Den B Satbrimobda DIY, Sentolo (5), Tagana (5), masyarakat, dibantu KBT, Aparat Pemerintah sejumlah 50 orang setiap hari.

Adapun Hasil yang dicapai Sasaran Fisik perkerasan jalan dan corblok: 700x 3x 0,10 m; Pembuatan Talud: 61x 1,5 m; Renovasi Gardu Ronda: 1 unit; Perapihan dan melanjutkan pembangunan Mushola Al Ikhlas seperti Plafonisasi (62 m2), Pengecatan Tembok (180 m2), Pemasangan Lisplang (47 m), Daun Jendela (6 buah), Daun Pintu (3 Buah), Pembuatan tempat wudlu (1 unit).

Sedang sasaran non fisik, memberikan bimbingan, penerangan dan penyuluhan kepada masyarakat dalam bidang: Pembinaan Mental Agama; Penyuluhan anatomi terorisme dan kamtibmas, (Penyuluhan Narkoba, Kenakalan Remaja, Penyakit Masyarakat, Penyuluhan tentang Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan.); Penyuluhan Kesehatan dan Baksos KB; Penyuluhan Pertanian.

Manfaat kegiatan seperti Meningkatkan kelancaran arus transportasi dan perekonomian, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat; Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang keimanan dan ketaqwaan serta pentingnya hidup sehat; Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam hal wawasan kebangsaan, bela Negara dan cinta tanah air; meningkatkan kesadaran masyarakat dalam keamanan lingkungan dari tindak kriminal dan terorisme. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat; Meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya bagi pasangan usia subur untuk mengikuti program keluarga berencana; Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam mensukseskan program upsus guna meningkatkan swasembada pangan.

"Berkat kerjasama yang baik antara TNI/Polri, Instansi terkait, masyarakat, pelajar dan mahasiswa maka pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik sesuai rencana.

Seusai upacara, Bupati melanjutkan peninjauan perkerasan jalan dan corblok. (at.MC)