Bupati Resmikan Posbindu Plumbon

  • 26 Mei 2015 16:09:38
  • 2280 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) meresmikan Posbindu "Sekar Gendhis" di Plumbon Temon, Selasa(26/5. Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) merupakan salah satu bentuk upaya kegiatan berbasis masyarakat yang bertujuan untuk menanggulangi peningkatan kasus penyakit tidak menular.

Dokter Alb.Sunuwata TP Kepala Puskesmas Temon I menyampaikan Posbindu ini merupakan binaan Puskesmas Temon I, dengan membina 15 (lima belas) orang kader dari masyarakat Plumbon.

"Sebelumnya Kader dilatih dahulu oleh kami" kata dokter Sunu (panggilan beliau).

Seusai meresmikan, Bupati meninjau layanan yang diberikan dan melakukan dialog dengan Kader, terkait kegiatan yang dilakukan dalam layanan ini. Bupati juga menyambut baik Posbindu ini dan ini akan meningkatkan layanan terhadap masyarakat.

Posbindu sekar gendhis mendapat sosialisasi dari Puskesmas Temon pada 17 April 2015, kemudian terbentuk posbindu pada tanggal 18 Mei 2015. Kegiatan posbindu setiap bulan pada tanggal 18. Dengan melayani seperti diabetes mellitus (Gula), Hipertensi dan Gejala gangguan penyakit.

Adapun sasaran posbindu ini semua warga plumbon yang berusia 20-59 tahun. Dengan tujuan memberikan manfaat dalam rangka penanggulangan penyakit tidak menular di desa Plumbon.

Peresmian Posbindu ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Bupati dalam rangka BBGRM dan HKG PKK di Kecamatan Temon.

Saat pembukaan BBGRM dan HKG PKK Di Desa Kulur, Bupati menyerahkan bantuan sosial dan peninjauan gotong royong rabat beton 2015.

Di Desa Demen melakukan tebar benih ikan lele milik Pokdakan Mina Mulya yang saat ini memiliki 23 kolam

Di Desa Temon Kulon dan Desa Karangwuluh meninjau gotong royong rabat beton jalan tahun 2015. Di Desa Janten meninjau gotong royong bedah rumah, penyerahan bantuan dari UPK dan Bazcam Temon.

Dan terakhir di Kaligintung meninjau gotong royong rabat beton 2015, penyerahan traktor kepada Kelompok Tani Ngudi Mulyo (Balong,Kaligintung) penyerahan bantuan JITUT kepada: P3A Sasono Cahyo (Kedundang), P3A Bangun Karyo (Sindutan), P3A Sumber Rejeki (Kalidengen). (at.MC)