Bupati Buka Musrenbang RKPD 2016

  • 24 Maret 2015 14:46:14
  • 2645 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) berharap melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD yang partisipatif, aspiratif dan terpadu dapat menghasilkan perencanaan pembangunan, yang menjawab berbagai permasalahan, kebutuhan dan dapat mengantisipasi permasalahan dan menyongsong era globalisasi di masa depan.

"Mau tidak mau suka tidak suka ada persaingan antar negara, dan harus kita terima" demikian disampaikan dokter Hasto saat pembukaan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kulon Progo Tahun 2016, Gedung Kaca, Selasa (24/3).

Dokter Hasto menilai Infrastruktur merupakan satu hal yang berat skoringnya ketika harus bersaing dengan negara lain. Kulon Progo juga sama, bahwa infrastruktur di Kabupaten Kulon Progo untuk bersaing dengan kabupaten lain atau dengan provinsi lain bahkan dengan negara lain menjadi satu hal yang lebih serius untuk dipikirkan.

Disampaikan juga, seiring dengan peningkatan akuntabilitas menuntut kinerja pemerintah yang berorientasi, tentu pada goverment lebih menghasilkan dan berdaya guna, untuk itu perencanaan pembangunan disusun menggunakan pendekatan yang sifatnya teknokratis, politis, partisipatif, dan menggunakan indikator-indikator kinerja yang terukur secara obyektif.

Dengan pelaksanaan Musrenbang RKPD sebagai wujud perencanaan yang partisipatif, aspiratif dan terpadu ini, diharap dapat menghasilkan perencanaan pembangunan tahunan yang berupa rencana kerja pemerintah daerah tahun 2016, yang menjawab berbagai permasalahan dan kebutuhan, dan untuk mengantisipasi masa depan dan juga menyongsong era globalisasi di masa depan.

Kepala Bappeda Kulon Progo Ir.Agus Langgeng Basuki, selain menyampaikan Dasar Penyelenggaraan, Musrenbang RKPD yang dilaksanakan ini merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan, dan merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD.

Adapun tujuannya untuk menyempurnakan rancangan rencana kerja pembangunan daerah tahun 2016, dan menyepakati prioritas program dan kegiatan pembangunan daerah. Didalam musrenbang RKPD ini dilakukan penajaman penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD yang pada akhirnya menjadi rancangan akhir RKPD.

Musrenbang yang diselenggarakan selama 2 hari, Selasa-Rabu (24-25/03/2015) ini diikuti 204 orang, dari Forkompinda, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, SKPD, utusan forum SKPD, Utusan Musrenbang Kecamatan, Ormas, Organisasi profesi, LSM, dan dari perwakilan kabupaten tetangga.

Selain pengarahan dan pembukaan oleh Bupati Kulon Progo, dilanjutkan Pemaparan Rancangan RKPD Kabupaten Kulon Progo 2016 oleh Sekda Kabupaten Kulon Progo Ir.RM Astungkoro,M.Hum, Pemaparan Rancangan RKPD DIY tahun 2016 oleh Kepala Bappeda DIY Drs.Tavip Agus Rayanto,MSi dan dialog dengan moderator Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA Triyono,SIP,MSi. (at.MC)