Bupati Kulon Progo dan Purworejo Tandatangani Kesepakatan Kerjasama

  • 19 Maret 2015 13:58:14
  • 3159 views

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama di daerah perbatasan, Pemkab Kulon Progo bersama Pemkab Purworejo menandatangani kesepakatan bersama tentang kerjasama Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dan Bupati Purworejo Drs.H.Mahsun Zain,M.Ag. melakukan penandatanganan di Balai Desa Somongari Kaligesing Purworejo, Kamis (19/3), disaksikan kepala SKPD dari 2 kabupaten. Agenda prioritas yang dibahas seusai penandatanganan terkait Infrastruktur, Kesehatan dan Pendidikan. Sedangkan masalah lainnya akan dibahas dalam kesempatan yang berbeda.

Maksud kesepakatan bersama ini adalah untuk mensinergikan penyelenggaraan urusan Pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan antara Pemerintah Kabupaten Purworejo dengan Pemerintah Kab Kulon Progo dalam rangka memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Tujuan kesepakatan Bersama ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan sumber daya dan kapasitas institusi yang ada pada Pemkab Purworejo dan Pemkab Kulon Progo melalui berbagai program dan kegiatan yang saling menguntungkan.

Obyek dan ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi seluruh urusan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi; pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, penataan ruang, Perhubungan, sosial, ketenagakerjaan, koperasi dan usaha kecil menengah, penanaman modal, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, pemerintahan umum.


Untuk Infrastruktur yang dibahas, dalam menyambut percepatan pembangunan di daerah perbatasan, ada 4 (empat) titik. Pelebaran di 2 titik di Daerah Durensari Bagelen, daerah Donorejo Kaligesing Purworejo dengan Jatimulyo Girimulyo, yang saat ini sudah sambung.
Untuk jalan yang akan dibuat jalan tembus adalah Tlogoguo Kaligesing dengan Jatimulyo Girimulyo dan Jalan Jatirejo Kalirejo Purworejo dengan Teganing Hargotirto Kokap.

Bupati dokter Hasto berterimakasih kepada Bupati Purworejo yang telah ikut menyelesaikan masalah di Pasirmendit Pasirkadilangu dengan baik. Selanjutnya Bupati Kulon Progo juga menyambut baik kerjasama masalah infrastruktur, untuk menghubungkan Kulon Progo-Purworejo.

Terkait Layanan kesehatan nasib Kulon Progo dan Purworejo sama-sama menjadi kabupaten yang belum dinyatakan eliminasi malaria. Tahun 2015 Pemerintah Pusat menargetkan di Pulau Jawa bebas malaria tetapi Purworejo dan Kulon Progo belum bebas malaria.

Di Kulon Progo menggunakan Jamkesda untuk layanan kesehatan masyarakat, Bupati minta seandainya ada warga Kulon Progo yang berobat ke Purworejo, bisa dikerjasamakan digratiskan, perhitungannya diklaim lewat Dinas Kesehatan Kulon Progo, begitu juga sebaliknya jika di Purworejo ada total coverage, yang berobat di Puskesmas Kulon Progo bisa dikerjasamakan, sehingga masyarakat yang berobat bisa menjadi lebih nyaman.

Demikian juga terkait BOS, bisa bekerjasama agar masyarakat dan siswa tidak direpotkan oleh urusan BOS antara kabupaten Purworejo dan Kulon Progo.

dokter Hasto juga berterimakasih kepada Bupati Purworejo dan masyarakat yang menyatakan telah mendukung keberadaan bandara yang insyaalloh di Kabupaten Kulon Progo.

"Kami optimis bandara akan bisa teralisasi dengan baik, apalagi dapat dukungan kuat dari Purworejo, dan kami harap sekali kerjasama dengan Purworejo melalui MoU yang sudah ditandatangani, untuk kemudian dilaksanakan secara bersama-sama dalam rangka membangun apasaja, termasuk di bidang transportasi" kata dokter Hasto.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo dr.Bambang Haryatno,M.Kes menyampaikan, terkait kasus malaria sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Purworejo, bahkan Purworejo dipinjami 2 box obat malaria, sebagai bentuk kerjasama konkrit. Dalam penanganan Jamkesda, masyarakat Kulon Progo yang ditangani di Purworejo bisa klaim kan ke Kulon Progo.

dokter Bambang Kerjasama berharap, kedepan kerjasama bisa lebih detail lagi dan lebih rinci agar bisa lebih sinergis untuk layani masyarakat di kedua Kabupaten Kulon Progo dan Purworejo.

Terkait penandatanganan ini, Hening Nurcahya,AP.MM Ka Sub Bag Pengembangan Pemerintahan Bagian Pemerintahan Setda Kulon Progo menyampaikan, Setelah penandatanganan kesepakatan ini, sesuai PP No 50 Tahun 2007 tentang Tata Cara Kerja Sama Antar Daerah, dan Permen No.22 Tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis Kerjasama Antar Daerah, diamanahkan masing-masing SKPD teknis untuk melakukan perjanjian kerjasama untuk mengatur secara teknis MoU yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak. (at.MC)