Ingin Warnai Pendidikan di Kulon Progo, Dokter Hasto Dirikan Pendidikan Terpadu Sadewa

  • 17 Maret 2015 08:09:01
  • 7302 views

Ingin Warnai Pendidikan di Kulon Progo, dokter Hasto dirikan Pendidikan Terpadu Sadewa (TPA, KB, TK, SD) dibawah Yayasan Semar yang diketuai oleh dr.Hj.Dwi Kisworo Setyowireni,Sp.A(K). Sekolah menjadi salah satu pilihan Yayasan Semar untuk mengabdi ditengah masyarakat, untuk membina generasi dimasa yang akan datang yang lebih baik.

"Kita bisanya mendirikan amal usaha-amal usaha yang terkait dengan kegiatan yang masih ada unsur sosialnya, yaitu rumah sakit dan sekolah. Makanya kami berpikir untuk mendirikan sekolah" demikian disampaikan dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) saat Grand Opening Pendidikan Terpadu Sadewa di Wates, Senin (16/3).

dokter Hasto menceritakan tanah yang dibangun untuk sekolah sebelumnya milik Bu Fahmi (2009) dan belum punya rencana peruntukan. Seiring berjalannya waktu, dokter Hasto melalui Yayasan Semar, yang sebelumnya sudah mempunyai RS Sadewa, Apotik Madukoro, berniat mendirikan amal usaha lagi yang terkait dengan kegiatan yang masih ada unsur sosialnya, seperti sekolah.

Melalui pendidikan anak usia dini, menjadi salah satu pilihan untuk mengabdi ditengah masyarakat dan membantu mewarnai pendidikan di Kabupaten Kulon Progo, karena pentingnya pendidikan anak usia dini.

Pada anak usia dini, pendidikan penting, karena jika masa kecil anak kecewa, timbulkan karakter orang dewasa yang berbeda sekali. Gagalnya orang tua yang membentuk kepribadian, karena saat usia dini alami kekecewaan. Ketika kecil jika tidak diberikan kebahagiaan dan kasih sayang, maka saat dewasa susah menyayangi orang lain.

"Tidak punya maksud menyaingi, tetapi kita mewarnai pendiikan dengan cara yang seideal mungkin. Sebaik mungkin untuk membina generasi kita dimasa yang akan datang. Kami ingin membuat yang lebih agak sempurna meskipun mungkin dengan kemampuan yang terbatas" kata dokter Hasto.

Disampaikan juga, dokter Hasto juga berkeinginan, agar pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga menyewa lahan pertanian di sebelah sekolah, dengan cara lahan tersebut tetap dipakai untuk sawah dan bertani, sekaligus untuk praktik anak-anak, sebagai laboratorium alam, outbond, untuk mendidik anak.


Kepala Dinas Pendidikan Drs.Sumarsana,Msi menyambut baik bertambahnya layanan pendidikan anak di Kulon Progo ini. Dan menyampaikan saat ini pemahaman masyarakat terhadap Pendidikan Anak Usia Dini makin hari makin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Pada Grand Opening tersebut dokter Hasto menandai dengan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada dr.Hj. Dwi Kisworo Setyowireni,SpA(K). Pada kesempatan tersebut sekaligus pemotongan kue ulang tahun karena bertepatan dengan HUT ibu dr.Hj.Dwi Kisworo Setyowireni,SpA(K).

Kepala Sekolah PAUD Terpadu Sadewa, Umi Nurhayati menyampaikan, pelaksanaan pendidikan anak usia dini ini diawali dengan Pendirian TPA pada tanggal 2 Maret 2015, saat ini sudah ada siswa sebayak 15 anak, 4 Guru, dan 2 karyawan.

"Untuk tahun ajaran baru 2015-2016 ini, PAUD Terpadu Sadewa akan melayani TPA (usia 6 bulan 2 tahun), Kelompok Bermain (2 - 4 tahun), TK (4-6 tahun)" kata Umi

Visi menjadi lembaga pendidikan anak usia dini unggul yang berbasis ketrampilan perilaku dan pengetahuan.

Dengan Misi 1).Menyelenggarakan KBM yang menyenangkan, dan terintegrasi sesuai karakter anak usia dini; 2).Membekali peserta didik dengan ketrampilan sesuai dengan potensi yang dimiliki; 3).Memberikan motivasi untuk selalu mampu mengekspresikan diri secara aktif, kreatif dan inovatif; 4).Menanamkan nilai kepribadian yang luhur sesuai karakter bangsa indonesia; 5).Mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi peserta didik. (at.MC)