Produk KAKB di Kulon Progo Mulai Laris di Pasaran

  • 12 Maret 2015 13:56:42
  • 2606 views

Aneka produk olahan makanan dan kerajinan dari Kelompok Asuh Keluarga Binangun (KAKB) di Kulon Progo mulai laris di pasaran dan kebanjiran order, bahkan sampai kesulitan bahan baku. Salah satunya kreasi telur asin rasa soto yang diproduksi KAKB di Kedundang Temon.

Kreasi baru telur asin rasa soto ini banyak diminati masyarakat, tidak hanya masyarakat Kulon Progo, bahkan sampai warga Bali juga order melalui online. Dengan banyaknya permintaan, sementara pemilik ternak di Temon terbatas, sehingga harus mencari bahan baku telur sampai di wilayah Lendah. Untuk produk tas produk KAKB di Sentolo juga sudah sampai Kalimantan.

Hal tersebut disampaikan Tanto dari Koperasi Binangun Sejati, seusai menghadap Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dalam open house di Rumah Dinas, Kamis (12/3).

Bagyo Ketua Koperasi Binangun Sejati yang beralamat di Jalan Jogja KM.2 No.354 (depan RM Ayam Suharti) menyampaikan, saat ini sudah membentuk koperasi untuk menampung produk KAKB di Kulon Progo.
Dalam koperasi, saat ini ada 63 KAKB, dengan tenaga kerja lebih dari 200 orang, sudah menghasilkan berbagai produk.

Setelah melalui proses yang panjang, beberapa produk yang dihasilkan juga sudah bisa mulai masuk toko Tomira dan laku, seperti Stick Buah Naga, Wingko Ijo, Enting-enting Kacang, Enting-enting Jahe, Kopi Java Menoreh, Crispi Mina Rasa, Sari Nira, Kripik Pegagan, Kripik Belut, Kripik Pisang Rohana. dan saat ini sedang diusahakan dapat masuk ke jaringan Alfamart.

"Sudah ada perjanjian, paling tidak di DIY" kata Bagyo. Sedangkan produk-produk lain juga sedang diajukan agar bisa lolos.

Bagyo juga sangat berterimakasih kepada Bupati Kulon Progo karena akan berusaha mempertemukan dengan beberapa pengusaha toko modern yang ada di Kulon Progo, sehingga pemasaran produk KAKB akan lebih luas lagi.

"Produk lokal, mutunya tidak kalah dengan produk lain. Diharapkan toko modern ikut menjualkan produk-produk KAKB" tambah Bagyo, dan koperasinya akan mempresentasikan berbagai produk.

Bagyo juga bercita-cita, akan membuat toko khusus, sehingga dapat memajang produk-produk dari Kulon Progo.

Bupati berpesan agar produk yang sudah bisa masuk Tomira dipertahankan, dan akan mempertemukan dengan para pengusaha toko modern, sehingga KAKB dapat mensuplai produknya.

Bupati juga menyampaikan dengan kreasi ini suatu hal yang luar biasa, sehingga KAKB bisa mandiri.

Salah satu kontak person yang bisa dihubungi oleh masyarakat adalah milik Tanto 083840092302 atau email otnatweyahya@ymail.com (at.MC)