Hari Bakti, RSUD Wates Bantu Bedah Rumah

  • 08 Maret 2015 10:52:18
  • 1887 views

Dalam rangka Hari Bakti sekaligus HUT RSUD Wates, segenap Direksi dan karyawan RSUD Wates mengungkapkan rasa syukurnya dengan memberikan bantuan bedah rumah, yang saat itu diberikan kepada Bambang Sartono, warga Mutihan, RT 04 RW 05 Kelurahan Wates, Kecamatan Wates. Bantuan diberikan langsung kepada Bambang Sartono di rumahnya yang sedang dibedah pada Ahad (8/3).

Bambang Sartono merupakan salah satu warga miskin di Keluarahan Wates yang memiliki 4 orang anak, 3 diantaranya masih duduk di bangku SD dan satu sudah lulus SMA. Semua anaknya yang masih sekolah memperoleh bantuan pendidikan. Keluarga Bambang Sartono menempati rumah besar bersama dua keluarga lainnya. Rumahnya terletak di bagian paling belakang dan tidak memenuhi syarat kesehatan untuk dihuni, sehingga layak untuk menerima bantuan. Menurut panitia, sebenarnya rumah ini sudah lama diajukan untuk bisa dibantu bedah rumah, namun Bambang masih mementingkan keluarga yang lain hingga dibantu dari RSUD Wates saat itu.

Rumah yang akan dibangun bersama warga Mutihan tersebut berukuran 8 x 7 m, dengan sumber dana dari Bazcam Wates Rp 500 ribu dan swadaya lebih dari Rp 4 juta, serta bantuan dari masyarakat. Panitia memperkirakan rumah tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 15 hari.

Sementara itu Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo yang datang saat itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah membantu, dan meminta kepada jajaran kelurahan untuk mengawasi pelaksanaannya supaya pembangunannya lancar.

Bupati juga meminta supaya Wates harus diikrarkan menjadi kelurahan yang bebas rumah tidak layak huni (RTLH). Oleh karena itu supaya pembangunan RTLH ini cepat, tentunya tidak cukup dengan dana dari APBD, sehingga Pemkab mendorong pihak-pihak yang mampu supaya mau membantu masyarakat miskin.

"Sebagaimana RSUD Wates yang sedang memperingati ulang tahunnya. Ulang tahun seperti ini tidak perlu dirayakan di gedung atau hotel dengan hingar-bingar, tapi dalam HUTnya yang ke 32 ini disyukuri dengan memberi bantuan kepada masyarakat miskin. Jika bisa, diharapkan perusahaan-perusahaan dalam memperingati ulang tahunnya diwujudkan dengan kegiatan seperti ini, karena daripada uang dihamburkan untuk pesta lebih baik uangnya disalurkan untuk membantu masyarakat miskin," kata dr. Hasto.

Direktur RSUD Wates, dr Lies Indriyati menjelaskan bahwa dalam rangka hari bakti RSUD Wates, pihaknya memberikan bantuan bedah rumah, yang saat ini diberikan di rumah Bambang Sartono. Penyerahan bantuan saat itu dihadiri oleh direksi dan karyawan RSUD Wates, termasuk seluruh kepala ruang.

"Semoga kehadiran kami bisa memberikan doa restu kepada panitia dan khususnya kepada pak Bambang  Sartono, mudah-mudahan bedah rumah ini bisa berjalan dengan lancar dan keluarganya bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah. Selain itu kami juga minta doa restu kepada bapak Bambang Sartono dan seluruh warga Mutihan agar kami bisa semakin baik melayani warga Kulon Progo," kata dr. Lies.

dr Lies juga berharap agar masyarakat memberikan mendoakan RSUD Wates karena RSUD akan membangun gedung medic center di belakang RSUD Wates dimana fungsinya adalah memberikan pelayanan medis secara terpadu. Untuk membangunnya diperlukan dana yang besar dan pemikiran terintegrasi yang tidak mungkin dilakukan oleh RSUD Wates sendiri.

 

Bedah rumah saat itu dihadiri oleh Wabup, Drs. H. Sutedjo, jajaran Kantor Ketahanan Pangan (KP4K), Koramil Wates, Polsek Wates, dan jajaran kecamatan hingga kelurahan Wates. Selain itu hadir pula Hamam Muttaqin, anggota DPRD DIY dari Wates yang juga memberika bantuan kepada Bambang Sartono.***