Warga Desa Banjaroyo Kalibawang Minta OP Beras Bulog

  • 04 Maret 2015 16:26:43
  • 1534 views

 

Meskipun telah digelontor beras miskin (raskin), jatah Januari di bulan Pebruari lalu, namun harga di pasaran yang masih terasa tinggi bagi masyarakat, beberapa warga masih mengharapkan adanya Operasi Pasar (OP) Beras oleh Bulog.

Hal ini seperti dikatakan Kasie Kesejahteraan Sosial Kecamatan Kalibawang  Dra. Sri Sudiati, MM bahwa  warga desa Banjaroyo Kecamatan Kalibawang mengharapkan adanya OP beras meskipun baru saja menerima rakin. Hal ini karena sebagian besar wilayah Banjaroyo dengan kondisi geografis tidak ada yang bertanam padi, kalaupun ada hanya sedikit sekali.

"Warga kami Desa Banjaroyo mohon ada OP beras dari Bulog meski sudah dapat raskin, karena warga hanya sedikit sekali yang bertanam padi, OP beras jangan di pasar tetapi mohon dilakukan di kantor Balai Desa saja," pinta Sri Sudiati, Rabu (4/3) pada saat digelar Rakor Raskin di Aula Dinsosnakertrans Kulon Progo.

 Terkait dengan permintaan ini Kadinas Sosnakertrans Kabupaten  Kulon Progo Drs. Eka Pranyata akan menindaklanjuti bersama dengan Bagian Perekonomian Setda seperti digelarnya OP Beras beberapa waktu yang lalu di Pasar Bendungan Wates.

Sementara dalam evaluasi distribusi raskin Januari yang disalurkan Pebruari secara umum berjalan lancar, meskipun masih ditemui adanya beberapa permasalahan seperti pendistribusian yang terlalu pagi di Balai Desa.

Priyo dari Bulog DIY mengaku siap menggelar OP Beras sesuai permintaan Pemerintah daerah dan mengevaluasi pendistribusian raskin untuk perbaikan di waktu-waktu yang akan datang. Pada prinsipnya Bulog tetap menjamin distribusi lancar dan beras baik sesuai dengan Pedoman Umum raskin.

Sedangkan Pemkab bersama Bulog akan mempercepat pendistribusian raskin agar tidak tertunda, direncanakan bulan Maret ini akan dilakukan pendistribusian untuk jatah bulan Pebruari dan Maret. Meski Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) akan menerima dua kali dalam sebulan , namun hal ini tidak sekaligus diterimakan, tetap akan dijadwalkan. Dengan harapan distribusi bulan April sudah berlangsung lancar sesuai jatah setiap bulannya.

            Distribusi raskin untuk jatah bulan Pebruari diawali dari Kecamatan Pengasih Senin (9/3), disusul Selasa (10/3) Kecamatan Kokap, Rabu (11/3) Temon dan Wates, Kamis (12/3) Kalibawang, Jumat (13/2) Sentolo.   

            Kemudian dilanjutkan Kecamatan Girimulyo pada hari Senin (16/3), Panjatan hari Selasa (17/3), Galur dan Lendah hari Rabu (18/3) dan terkahir hari Kamis (19/3) untuk Kecamatan Samigaluh dan Nanggulan.