Kulon Progo Deklarasikan Gerakan Peduli Sampah

  • 14 Februari 2015 10:23:37
  • 2064 views

Sebagai salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Bulan Peduli Sampah, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo deklarasikan Gerakan Peduli Sampah dalam sebuah upacara yang di gelar Sabtu (14/2) di Alun Alun Wates. Deklarasi dibacakan Kepala Desa Pengasih, Budi Hartono dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.
Dalam deklarasi ini seluruh masyarakat Kulon Progo berjanji untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Tiga point penting yang menjadi kepedulian masyarakat Kulon Progo dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih seperti merubah prilaku untuk lebih peduli dalam pengelolaan sampah, berperan aktif dalam usaha pengelolaan sampah dan membuang sampah dengan memilah sesuai prinsip 3 R yaitu reduce, reuse dan recycle serta tidak membakar sampah.
Setelah pembacaaan deklarasi kemudian dilanjutkan penandatanganan deklarasi yang diawali Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K), dilanjutkan Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. Sutedjo kemudian diikuti oleh segenap pejabat Forkompimda dan seluruh peserta upacara. Pada kesempatan itu juga secara simbolis bupati menyerahkan sapu lidi kepada perwakilan peserta upacara menandai kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.
Setelah upacara deklarasi peserta upacara melanjutkan kegiatan kerja bhakti membersihkan lingkungan di sekitar Alun-alun Wates, Stasiun Wates dan Jalan Kawijo, Pengasih.
.Bupati Kulon Progo, Dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K) yang bertindak sebagai pembina upacara mengajak kepada seluruh masyatakat untuk tiap hari menjaga kebersihan lingkungan masing masing. Selain itu orang nomor satu di Kulon Progo ini juga mengajak masyarakat Kulon Progo untuk menjaga kebersihan dan kerapian Kota Wates.
"Kota Wates ini tidak terlalu besar, tidak terlalu komplek dan rumit, sanggupkah Anda menjaga kebersihan dan kerapian Kota Wates? ajak dr. Hasto kepada peserta upacara.