Rotary Club Gelar Bakti Sosial di RuSaNAS

  • 01 Februari 2015 09:37:02
  • 1902 views

Rotary Club of Yogyakarta Prambanan (RCYP) gelar Bakti Sosial di Kulon Progo, diisi dengan Penyuluhan Kesehatan, Penyediaan Paket sembako murah, alat sekolah murah dan bazaar Pakaian Pantas Pakai. Pimpinan RCYP Arsyita berharap dengan kegiatan bakti sosial ini Rotary Club dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kulon Progo.

"Dengan kegiatan ini juga dapat menjadi awal kerjasama yang baik antara Rotary Club dengan Pemkab Kulon Progo" kata Arsyita saat pembukaan kegiatan di Aula Rumah Sakit Nyi Ageng Serang (RuSaNAS), Sentolo, Sabtu (31/1/2015).

Arsyita juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan ini. Kegiatan sosial yang pertama kali ini di Kulon Progo ini sasarannya kepada warga kurang mampu dan siswa kurang mampu yang ada disekitar RSNAS


Terkait kegiatan ini, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) (biasa disapa dokter Hasto) sangat berterimakasih Rotary Club melaksanakan bakti sosial di Kulon Progo, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kulon Progo.

dokter Hasto juga menyampaikan, kedepan beliau juga bersedia melakukan kerjasama dalam bidang apa saja dengan Rotary Club baik bidang kesehatan, pendidikan dll.

Kulon Progo sangat membutuhkan penyuluhan kesehatan ibu dan anak, karena kedepan ingin menjadikan kesehatan ibu dan anak di Kulon Progo lebih baik lagi. Kesehatan ibu dan bayi penting, karena menjadi tolak ukur derajat kesehatan bangsa.

"Angka kematian ibu dan bayi jadi tolak ukur kesehatan bangsa. Tapi kalau angka osteoporosis, patah tulang, usus buntu tidak jadi indikator derajat kesehatan. Untuk itu kami mohon untuk kegiatan mendatang bisa dibantu" kata dokter Hasto.

Kedepan, RCYP diharapkan juga dapat menjalin kerjasama dengan Pemkab Kulon Progo, seperti dalam pemberantasan malaria dan meningkatkan peran pria dalam ber-KB.

Terkait layanan kesehatan, dokter Hasto juga menyampaikan bahwa tidak lama lagi, sekitar bulan maret atau april akan membuka Autis Center, layanan autis untuk daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan.


Dalam kegiatan Penyuluhan Kesehatan, diisi oleh dr.Heronita Purnamasari (dr.Nimas) yang dilaksanakn di Aula RuSaNAS. Sedangkan untuk sembako murah disiapkan sembako senilai Rp 25 ribu, masyarakat yang mendapat kupon cukup membayar Rp 10 ribu. Untuk pakaian pantas pakai, masyarakat dapat membeli pakaian dijual seribu rupiah hingga Rp 15 ribu. (at.MC).