Wabup Buka Pelatihan BKM

  • 22 Januari 2015 14:07:59
  • 1636 views

Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo membuka Pelatihan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Unit Pengelola Aparat Desa dan Relawan se-Kecamatan Wates, di Gedung Kaca, Kamis (22/1). Dengan tema "Sinergitas Peran BKM dan Pemerintah Desa sesuai UU No 6 tahun 2014 tentang Desa"

Wabup yang dalam kesempatan tersebut membuka secara resmi pelatihan, menyatakan bersyukur dan bangga dengan ketugasan selama ini dari para peserta dalam mensukseskan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Disadari bersama, bahwa misi PNPM ingin memberdayakan masyarakat, membuat masyarakat menjadi berdaya.
"Bagaimanapun, kita ingin mengkondisikan agar masyarakat tidak tergantung orang lain. menjadi mandiri, berdaya, tidak bergantung pihak lain" kata beliau.

Terkait kemiskinan, Wabup mengajak semua orang untuk berusaha menberdayakan diri sendiri. Karena jika kita lahir dalam kondisi miskin, itu bukan salah kita. Tapi jika kita jadi orang tua tapi dalam kondisi miskin itu salah kita katanya.

Selama ini Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama seluruh lapisan masyarakat juga sudah melakukan berbagai upaya pengentasan kemiskinan dan saat ini sudah ada penurunan signifikan.

Meskipun diawal tahun 2015 kemungkinan tidak ada bantuan, tetapi usaha memberdayakan masyarakat diharapkan tetap jalan.

Sebelumnya Aris Triana selaku Ketua Panitia menyampaikan, pelatihan di Gedung Kaca ini dilaksanakan sehari. Dengan jumlah peserta 160 orang, wakil masing-masing desa se-Kecamaten Wates. Dengan narasumber Bupati/ Wakil Bupati, dari BRI, dan dari Konsultan. Dengan format ceramah dan dialog.

"Sebenarnya pelaksanaan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, tapi 1 hari di Gedung Kaca, sedangkan yang untuk 2 (dua) hari dilaksanakan di desa masing-masing" kata Aris.


Drs Ariyadi,MM Camat Wates menyampaikan, selama ini peran fasilitator, BKM beserta jajarannya hingga KSM sangat membantu program-program di desanya masing-masing baik di Lingkungan/ infrastruktur, ekonomi dan sosial.

"Banyak sekali membantu baik di tingkat kecamatan maupun desa, seperti pembangunan corblok, irigasi, lingkungan. Hampir di tiap desa ikut sarana prasarana, lingkungan, bedah rumah" kata Camat Wates.

Ada yang membantu lewat kelompok usaha produktif. Camat Wates menyatakan terimakasih kepada BKM, Pemdes, sehingga pekerjaan lancar.

Dalam kesempatan tersebut, selain Wakil Bupati hadir juga narasumber lain, yang mengisi acara Daryono dari PT. BRI, dan Konsultan Manajemen Wilayah (KMW). (at.MC)