Gubernur Siap Kembangkan Wisata Kulon Progo

  • 31 Desember 2014 10:43:24
  • 2167 views

Potensi alam Kulon Progo wilayah utara potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata. Ada beberapa lokasi yang menarik untuk dikembangkan seperti perkebunan teh di Tritis, Embung Kleco, Embung Mini Banjaroyo dan Sendangsono. Seperti diungkapkan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamngku Buwono X ketika berdialog dengan masyarakat saat kunjungan kerja di Kulon Progo, Selasa (30/12).
Kawasan utara Kulon Progo merupakan perbukitan yang berudara sejuk dan memiliki pemandangan yang indah. Hal ini jika dikembangkan menjadi objek wisata tentunya akan mempunyai efek peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Namun untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan infrastruktur pendukung dan kreatifitas masyarakat sekitar.
Belum adanya homestay, MCK dan kondisi jalan yang kurang memadai menjadi menjadi permasalahan tersendiri yang harus segera dibenahi. Melihat kondisi seperti ini orang nomor satu di DIY ini mengharapkan pemerintah daerah dalam hal ini pokdarwis yang dikelola desa segera berbenah dan menyiapkan program kerja yang mendukung terciptanya kawasan wisata di wilayah utara Kulon Progo. Sedangkan penginapan atau hotel tidak perlu dibangun diwilayah ini melainkan pengunjung yang ingin menginap diharapkan dapat ditampung di homestay milik warga sehingga bisa berbaur dengan masyarakat. Untuk itu Sultan HB X siap memfasilitasi masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya menyediakan tempat penginapan wisata.
"Saya siap memfasilitasi masyarakat yang ingin berkembang dan memajukan wisata di wilayah ini. Segera bentuk kelompok atau koperasi, jangan pinjam modal dari bank," Sultan menambahkan adanya sultan graund agar dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung program ini. Pemanfaatan sultan ground untuk kawasan pembibitan dan perkebunan durian harus melibatkan warga miskin disekitarnya agar dapat ikut menikmatinya. Dengan adanya kebun pembibitan durian menorah kuning di dekat kawasan wisata embung Banjaroya diharapkan dapat menjadi souvenir setiap pengunjung yang datang.
Kunjugan kerja Gubernur di Kulon Progo yang diikuti segenap pejabat di tingkat DIY dan Kabupaten Kulon Progo ini dalam rangka Pencanangan Gerakan Pengembangan Agribisnis Kebun Teh dan Peresmian Waduk Mini Kleco. Pencanangan Gerakan Pengembangan Pengembangan Kebun Teh di Tritis, Ngargosari Samigaluh ditantai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang dilanjutkan penanaman pohon teh oleh Gubernur dan Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K).
Sementara peresmian Waduk Mini Kleco dilakukan di Waduk Mini Banjoroya Kalibawang. Di Waduk Mini ini Gubernur menanam pohon durian menorah kuning, menandatangai prasasti peresmian Waduk Mini Kleco dan berdialog dengan masyarakat di wilayah Samigaluh, Kalibawang dan Girimulyo.