Bupati Terima Penghargaan APN 2014

  • 28 Desember 2014 13:18:44
  • 1770 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menerima penghargaan khusus Adhikarya Pangan Nusantara (APN) 2014 selaku Pembina Ketahanan Pangan, Jumat (26/12/2014). Penghargaan diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi), Sukamandi Ciasem Subang Jawa Barat.

dokter Hasto diberi penghargaan Kategori Pembina Ketahanan Pangan yaitu Kepala Daerah tingkat Provinsi/ Kabupaten/ Kota/ Desa yang berhasil menggerakkan perangkat daerah dan masyarakat dalam mengurangi kemiskinan/ kerawanan pangan/gizi buruk, meningkatkan produksi pangan, dan mempercepat diversifikasi pangan dalam mewujudkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan.

Dalam penghargaan APN ini dibagi dalam 5 (lima) Kategori : Pelopor Ketahanan Pangan, Pemangku Ketahanan Pangan, Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan, Pelayanan Ketahanan Pangan, dan Pembina Ketahanan Pangan.

Pemberian penghargaan ini bertujuan memberikan apresiasi dan motivasi, memberikan dampak yang positif, baik dalam rangka dinamisasi dan peningkatan peran serta petani dan kelompok tani, maupun aparat Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Desa dalam upaya meningkatkan kreativitas dan koordinasi.

Pengertian ketahanan pangan tidak hanya terfokus pada aspek produksi saja tetapi meliputi aspek-aspek yang lebih luas sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, sehingga menuntut adanya perubahan, peningkatan, penyempurnaan, dan pengembangan seluruh aspek dalam penyelenggaraan ketahanan pangan. Perubahan tersebut antara lain juga menuntut semakin tingginya upaya yang harus dilakukan untuk mengkoordinasikan, mengapresiasi, serta merepresentasikan aspirasi dan partisipasi masyarakat yang terlibat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan.

Dalam rangka membangun serta menggerakkan partisipasi dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, Penghargaan ketahanan pangan merupakan agenda tahunan yang diberikan oleh Presiden RI selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan ini memiliki nilai dan prestise tinggi.

Dengan, penghargaan ini diharapkan dapat dijadikan inspirasi bagi masyarakat dan aparatur pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional sampai dengan perseorangan. (at.MC)