Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Bulan Menanam Nasional (BMN)

  • 28 November 2014 14:51:35
  • 3541 views

Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tingkat Kabupaten Kulon Progo yang dilaksanakan Jumat, (28/11/2014) dipusatkan di Karangasem Sidomulyo Pengasih.

Puncak peringatan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, dan penanaman pohon oleh Wabup, Kepala SatBrimob DIY, Ketua DPRD Kulon Progo, Komandan Kodim 0731 KP, Kepala Polres Kulon Progo, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Komandan Brimob Detasemen B Sentolo, Sat Radar Congot, Keluarga Puro Paku Alam, BPDAS, PD BPR Bank Pasar. Dilanjutkan penanaman pohon oleh Satuan Brimob, dan masyarakat, pramuka dan pelajar.

Puncak peringatan tahun ini mengambil tema "Hutan lestari untuk mendukung kedaulatan, pangan, dan energi terbarukan". Kegiatan penanaman ini juga dilaksanakan sekaligus dalam rangka HUT Brimob ke-69 dan HUT PD BPR Bank Pasar yang ke-33.


Melalui kegiatan ini, Wabup berharap kepada seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan hutan lestari. Membangun ekosistem hutan dapat dilakukan melalui Wana Tani (Agroforestry), Wana Ternak (Silvopasture) dan Eana Mina (Silvofishery).

"Untuk melestarikan hutan, masyarakat saat ini dapat belajar dari nenek moyang, dimana setiap menebang pohon, diteruskan dengan menanam yang baru" kata Wabup.

Wabup menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang semangat menggelorakan penanaman pohon ini agar hutan tetap lestari. Karena hutan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ir.Bambang Tri Budi Harsono,MM selaku Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satunya untuk menggelorakan semangat pelajar agar gemar menanam dengan semangat Kecil Menanam, Besar Memanen.

Dengan adanya penanaman pohon dapat meningkatkan fungsi konservasi, meningkatkan pendapatan masyarakat dari produksi kayu, dan dapat mengurangi efek pemanasan global

Tahun ini penanaman pohon yang dilakukan Pemerintah dan berbagai komunitas sekitar 750 - 800 ribu.

"Jika ditambah swadaya masyarakat jumlahnya hampir 1 juta pohon" kata Ir. Bambang Tri
Dalam rangka mendidik pelajar, PD BPR Bank Pasar langsung memberikan bibit sebanyak 12.500 batang kepada siswa SD, SMP dilingkup Kecamatan Pengasih.

Kegiatan ini juga dikolaborasi dengan Bendoro Pangeran Haryo dari Keluarga Kadipaten Puro Paku Alaman, yang bermitra dengan masyarakat. Saat ini memberikan bibit jati sebanyak 30 ribu batang, Pupuk, dan Tenaga Kerja.
Sujiman (42) Ketua Kelompok Dengkeng Mulyo Pedukuhan Karangasem menyampaikan, masyarakat mendukung penuh penanaman pohon ini. Anggota kelompok arisan yang beliau pimpin terkait HMPI dan BMN ini akan menanam lebih 1.000 pohon. (at.MC)