12 .909 Rumah di Kulon Progo Belum Menikmati Listrik

  • 27 November 2014 14:41:59
  • 2009 views

Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Pemerintah kabupaten Kulon Progo, jumlah rumah tangga yang belum menikmati listrik tahun 2013 secara aman dan legal sekitar 12 persen atau 12.909 rumah tangga. Sebagian besar rumah tangga yang belum menikmati listrik tersebut disebabkan sebagian besar karena faktor ekonomi.

             Hal tersebut dikatakan Bupati Kulon Progo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Perindag ESDM Kulon Progo, Dra.Niken Probolaras,S.Sos,MH pada kegiatan Sosialisasi Pasang Baru untuk Rumah Tangga sasaran (RTS) Program Listrik Gratis dari APBD Kabupaten Kulon Progo tahun anggaran 2014, di Gedung Kaca, Kamis (27/11).

            Sosialisasi menghadirkan Konsuil Listrik DIY, Pimpinan PLN Layanan Kulon Progo, serta RTS penerima program listrik gratis pemkab Kulon Progo.

            "Berdasarkan pendataan ini pemkab Kulon Progo berupaya terus mencari terobosan untuk meningkatkan rumah tangga berlistrik . Upaya yang telah dilakukan diantaranya mengakses program listrik pedesaan dari APBN melalui Salter Lisdes PT PLN Persero Jateng dan DIY untuk daerah-daerah yang belum terjangkau listrik PLN. Sedangkan APBD 2014 ini dialokasikan dana untuk pasang baru RTS bantuan listrik gratis bagi 100 rumah tangga,"jelasnya.

            Hasto kepada RTS penerima dalam pesannya selain mensyukuri juga minta  untuk mempergunakan listrik sesuai dengan peruntukannya, serta jangan disalahgunakan untuk hal-hal yang membahayakan atau melanggar aturan.

            "Gunakanlah listrik secara aman dan legal nantinya, jangan menggunakan listrik dengan mbendheng tanpa ijin, karena bahaya juga melanggar aturan,"pintanya.